Rencana Prabowo Bentuk Angkatan Siber di TNI, Ini Kata KSAD

VIVA Militer: Jenderal TNI Maruli Simanjuntak
Sumber :

Jakarta, VIVA – kepala Staf TNI Angkatan Darat (KSAD) Jenderal TNI Maruli Simanjuntak menanggapi terkait wacana Presiden terpilih Prabowo Subianto yang akan membentuk Angkatan Siber di tubuh TNI.

Kadin Daerah: Munaslub Itu Konsekuensi Arsjad Rasjid Tidak Bersinergi Baik dengan Pemerintahan Baru

Jenderal TNI berpangkat bintang 4 itu mengungkapkan mengapresiasi inisiatif Prabowo untuk membentuk Angkatan Siber, sebab saat ini menurut dia kejahatan siber sudah menjadi ancaman global.

"Itu kan sudah jadi ancaman global kan sekarang, sudah terbukti beberapa permasalahan tentang data-data kita segala macam itu," kata Maruli, Rabu 11 September 2024 dikutip Antara.

Ridwan Kamil Bakal Contek Gaya 'Oke Gas' Prabowo saat Kampanye Pilkada Jakarta

Maruli juga mengatakan, hampir semua negara di dunia sudah membuat lembaga pertahanan untuk urusan siber.

Seorang hacker atau peretas mencoba membongkar keamanan siber (Foto ilustrasi).

Photo :
  • ANTARA/Shutterstock/am.
Apresiasi 10 Tahun Jokowi, Masyarakat Dukung dan Sambut Prabowo dengan Harapan Baru

Adapun terkait SDM yang akan mengisi Angkatan Siber, akan berpengaruh terhadap keamanan, oleh karena itu lembaga terkait seperti Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kemenkominfo) dan  Kementerian Pertahanan (Kemenhan) diharapkan untuk duduk bersama membahas hal itu.

Sebelumnya orang nomor satu di TNI, Panglima Jenderal TNI Agus mengatakan pihaknya sudah diperintahkan oleh presiden Jokowi untuk membentuk Angkatan Siber sebagai matra keempat di TNI.

“Saya sudah diperintahkan Pak Presiden, kemarin juga di MPR waktu pidato, untuk membuat TNI Angkatan Siber," kata Agus setelah menghadiri rapat kerja bersama Komisi I DPR RI di Kompleks Parlemen, Jakarta, Selasa 3 September 2024

Menurut Agus, Angkatan Siber itu nantinya menjadi satu-satunya satuan di TNI yang akan banyak diisi oleh personel sipil yang ahli dalam bidangnya. (Ant)

VIVA Militer: 461 prajurit remaja Korps Marinir resmi dilantik

461 Prajurit Baru Marinir Perkuat Korps Baret Ungu TNI AL

Mereka sebelumnya telah digembleng selama 90 hari

img_title
VIVA.co.id
17 September 2024