Penjelasan Istana Presiden Jokowi Berkantor di IKN Hingga Akhir Masa Jabatannya

Presiden Jokowi di IKN.
Sumber :
  • Antara.

Jakarta, VIVA – Kepala Presidential Communication Officer (PCO) Hasan Nasbi menjelaskan, rencana Presiden Joko Widodo untuk bekerja di Ibu Kota Nusantara (IKN) Kalimantan Timur selama 40 hari di sisa akhir masa jabatannya.

Menteri Basuki Meninjau Jalan Tol 6B dan Akses Tol IKN 6C Target Selesai Juni 2025

Seperti diketahui, pelantikan Presiden terpilih dan Wakil Presiden terpilih periode 2024-2029 akan digelar oleh MPR RI pada 20 Oktober 2024.

Menurut Hasan, Presiden Jokowi tidak akan sepenuhnya berada di IKN, karena ia tetap akan melakukan beberapa kunjungan kerja. Perbedaannya adalah bahwa perjalanan dinas tersebut akan dimulai dari IKN, bukan dari Jakarta.

Menteri Basuki Perkenalkan KIPP IKN dalam Kunjungan Komisi V DPR RI dan Kapolri

"Definisi Bapak Jokowi berkantor itu, jangan dimaknai Pak Jokowi tinggal di kantor, terus selalu ada di kantor, atau selalu ada di Kalimantan Timur," kata Hasan di Kompleks Istana Kepresidenan, Jakarta, pada selasa, 10 september 2024.

"Sama seperti Pak Jokowi berkantor di Jakarta misalnya, itu kan Pak Jokowi enggak selalu di Jakarta, tapi juga keliling-keliling daerah gitu ya," tambahnya.

IKN Bakal Dibuka Untuk Umum Hari Ini, Begini Cara Masuknya

Hasan juga menjelaskan bahwa Kepala Negara mungkin akan kembali ke Jakarta untuk melaksanakan beberapa kegiatan. Namun, Hasan belum dapat mengungkapkan rincian jadwal aktivitas  Presiden Jokowi selama di IKN.

Yang pasti, menurut Hasan, Presiden Jokowi akan mengadakan sidang kabinet di IKN pada 13 September.

Kemudian, dilanjutkan pada 19-20 September untuk melakukan groundbreaking alias peletakan batu pertama proyek ke-8. Groundbreaking kali ini dilakukan pertama kali untuk investasi asing yakni dari China dan Australia.

Kepala Satuan Tugas Pelaksana Pembangunan Infrastruktur IKN Kementerian PUPR, Danis H. Sumadilaga [YouTube KemenPUPR]

Kementerian PUPR: 47 Tower Rusun ASN di IKN Rampung Desember 2024

Sampai saat ini baru ada sebanyak 12 dari 47 tower ASN yang sudah siap huni.

img_title
VIVA.co.id
16 September 2024