INH Ajak Semua Pihak Peduli Bencana Puting Beliung yang Terjang Ratusan Rumah di Bogor

Tim INH menyalurkan bantuan ke lokasi bencana puting beliung di Bogor. VIVA/Muhammad AR
Sumber :
  • VIVA.co.id/Muhammad AR (Bogor)

Jakarta, VIVA - Belum adanya bantuan pemerintah di lokasi bencana puting beliung yang memporak-porandakan Kampung Pagar Jangkung, Desa Situ Ilir, Kecamatan Cibungbulang, Kabupaten Bogor, Jawa Barat, mendapat perhatian dari banyak pihak.

Aksi Pengendara Motor yang Tunjukkan Kemaluannya ke Pengendara Lain Berakhir di Bali Jeruji

Lembaga kemanusiaan International Networking for Humanitarian (INH) yang mendatangi lokasi untuk menyalurkan ratusan paket sembako kepada warga di sana dan mengajak semua pihak peduli pada korban bencana.

“Alhamdulillah, pada hari ini tim INH kembali menyalurkan bantuan berupa paket sembako untuk keluarga yang terdampak bencana angin puting beliung di wilayah RT 03 RW 06,” ujar Tim Media INH Hayatun Nissa, dalam keterangannya, Selasa, 10 September 2024.

Polisi Buka Suara Soal Perusahaan Animasi di Jakpus Diduga Eksploitasi Karyawan

Ilustrasi Puting Beliung

Photo :
  • Daru Waskita/ VIVA.co.id

Hayatun Nisa mengabarkan kondisi terkini usai bencana puting beliung, karena banyak rumah warga yang mengalami kerusakan baik, ringan, sedang maupun berat.

Kemensos Bantu Korban Rudapaksa Ayah Tiri di Jakarta

“Kami mendatangi rumah-rumah warga, dan banyak di antaranya mengalami kerusakan dan sangat membutuhkan uluran bantuan dari kita. Semoga apa yang kita lakukan hari ini bisa meringankan beban bagi saudara-saudara kita yang beberapa hari lalu terkena musibah,” kata Hayatun.

INH berencana menyalurkan kembali bantuan kemanusiaan untuk warga yang terdampak bencana dengan skala yang lebih besar. Untuk itu, kata Nissa, INH mengajak semua unsur baik dari elemen pemerintah daerah, pemerintah pusat, BUMN, BUMD dan organisasi-organisasi serta masyarakat untuk bergerak atau berdonasi dalam hal kemanusiaan. Tujuannya untuk memulihkan dampak bencana puting beliung merobohkan ratusan rumah di Kecamatan Cibungbulang dan Kecamatan Pamijahan

“Insyaallah kami akan membuka dan meningkatkan 'campaign' tanggap darurat bencana nasional, dana yang terkumpul dari masyarakat nantinya akan INH salurkan untuk warga yang menjadi korban bencana alam angin puting beliung. Sedikit dari kita, sangat berarti bagi mereka,” katanya.

ilustrasi ambulans.

Photo :

Salah seorang warga yang rumahnya rusak terkena bencana angin puting beliung mengaku bantuan paket bantuan sembako sangat berarti dan membantu bagi keluarganya.

“Terima kasih INH atas bantuan paket sembakonya, mudah-mudahan INH semakin maju dan terus terdepan dalam melaksanakan kegiatan-kegiatan kemanusiaan,” kata Amiruddin (54).

Korban lainnya bernama Eni, mengaku paket sembako yang diterimanya bisa memenuhi kebutuhan mendesak di tengah bencana seperti saat ini. "Yang pasti bantuan ini bisa meringankan beban kami yang sedang dirundung musibah," katanya.

Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Bogor menyatakan peristiwa angin puting beliung di Kabupaten Bogor berpusat di Desa Cimayang, Pamijahan, bahkan telah menelan dua korban jiwa.

Kepala Bidang Kedaruratan dan Logitik BPBD Kabupaten Bogor M Adam Hamdani mengungkapkan bahwa dua korban meninggal dunia tersebut antara lain Pendi (45 tahun) dan Wanto (40 tahun). Keduanya meninggal dunia di tempat setelah tertimpa reruntuhan bangunan gudang kolam ikan hias arwana.

“Selain Pendi dan Wanto, ada empat korban lain yang mengalami luka-luka. Korban seluruhnya enam orang. Saat ini sudah dibawa ke RSUD Leuwiliang,” kata Adam.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya