Ikut Kontestasi Pilkada, Empat Anggota DPRD Kota Batu Pilih Mundur

Empat anggota DPRD Kota Batu yang mundur.
Sumber :
  • VIVA.co.id/Uki Rama (Malang)

Kota Batu, VIVA – Sekretaris Dewan (Sekwan) Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kota Batu memastikan sudah menerima surat pengunduran diri empat anggota DPRD terpilih masa kerja 2024-2029.

Lusa, RK-Suswono Umumkan Struktur Tim Pemenangan

Mereka adalah Nurochman (PKB) Dapil 1, Heli Suyanto (Partai Gerindra) Dapil 3, H Rudi (PAN) Dapil 3, dan Ganis Pratiwi Rumpoko (PDIP) Dapil 1.

Sekwan DPRD Kota Batu, Endro Wahyudi menjelaskan, keempat anggota DPRD terpilih tersebut mengundurkan diri karena mencalonkan karena maju dalam Pilkada 2024. "Surat pengunduran diri dari partai masing-masing sudah diterima. Mereka mundur karena maju dalam Pilkada," katanya, Selasa, 10 September 2024.

Jurus Gus Hans Cawagub Risma Rebut Suara Nahdliyin dari Khofifah

Ilustrasi Pemilu 2024.

Photo :
  • VIVA

Kemudian keempat orang tersebut bakal dilakukan Pergantian Antar Waktu (PAW) oleh anggota DPRD yang baru sesuai perolehan suara terbanyak. "Untuk proses PAW akan dilakukan lebih lanjut sesuai aturan," ujarnya.

Ridwan Kamil Klaim Didukung Partai Ummat Besutan Amien Rais

Dari perolehan suara pada Pemilu 2024 lalu sesuai data yang ada, Nurochman akan digantikan Rosida Erawati yang mendapat 806 suara. Lalu, Heli Suyanto digantikan Febby Randria yang memperoleh 836 suara.

"Kemudian H Rudi diganti Nur Aulia Lishanti dengan 823 suara serta Ganisa Pratiwi Rumpoko dari Dapil 1 diisi oleh Asmadi dengan 1.496 suara," ujarnya.

Terpisah, saat dikonfirmasi Nurochman membenarkan hal tersebut. Menurut Ketua DPC PKB Kota Batu ini surat pengunduran sudah dikirim sejak 6 September 2024

"Ya benar, sesuai aturan karena saya maju dalam Pilkada harus mundur. Ini merupakan konsekuensi dan peraturan hukum yang harus dipatuhi," katanya.

Hal senada dikemukakan Heli Suyanto. Dia berani mundur karena ingin mewakafkan diri membangun Kota Batu dan mengarungi Pilkada 2024.

"Saya mundur untuk melanjutkan sebuah harapan besar bagi masyarakat. Niat saya dan Cak Nur ingin membawa Kota Batu ini lebih sejahtera," ujar Ketua DPC Partai Gerindra Kota Batu ini.

Sebagai informasi, untuk Nurochman (PKB) Heli Suyanto (Partai Gerindra) Dapil 3, H Rudi (PAN) berkontestasi sebagai calon kepala daerah Kota Batu. Sementara Ganis Pratiwi Rumpoko (PDIP) berkontestasi sebagai calon kepala daerah Kota Malang. 

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya