Atraksi Kesenian Aceh Meriahkan Pembukaan PON XII 2024

Pembukaan PON XXI Aceh-Sumut di Stadion Harapan Bangsa, Banda Aceh. VIVA/Dani Randi
Sumber :
  • VIVA.co.id/Dani Randi (Banda Aceh)

Banda Aceh, VIVA - Atraksi kesenian Aceh meriahkan pembukaan Pekan Olahraga Nasional (PON) XXI Aceh-Sumut tahun 2024 yang digelar di Stadion Harapan Bangsa, Banda Aceh, Senin, 9 September 2024.

PB PON Aceh Buka Suara Usai Diprotes Atlet Soal Konsumsi

Pantauan VIVA, atraksi kesenian seperti tari kreasi, tari pukat, Tari Saman, Tari Ratoh Jaroe hingga mengangkat cerita sosok pahlawan Nasional Malahayati turut menghibur penonton di stadion.

Lalu ada juga penampilan tari kolosal yang menceritakan soal Aceh masa lalu yang ramah terhadap pendatang di Tanah Rencong.

Usut Pengelolaan Keuangan PON XXI, Polri Langsung ke Aceh-Sumut Siang Ini

Penampilan tari kolosal itu melibatkan 873 penari putra dan putri dengan mengusung tema "Aceh Teuka." 

Tari kolosal itu dibagi dalam beberapa bagian untuk menceritakan tradisi budaya Aceh, keindahan alam Aceh, serta semangat juang rakyat Aceh yang disimbolkan oleh kehadiran sosok Laksamana Malahayati.

Cabor Anggar PON 2024 Dimulai, 220 Atlet Bersaing Demi Kejayaan

Diketahui, sejak pukul 15.00 Wib, ribuan masyarakat Banda Aceh dan sekitarnya, para Gubernur se-Indonesia, para bupati dan wali kota se-Aceh serta perwakilan kontingen berbondong-bondong bergerak menuju stadion kebanggaan rakyat Aceh itu. 

Ini merupakan kali pertama Aceh menjadi tuan rumah event olahraga empat tahunan tersebut. 

Sebagai satu-satunya daerah di Indonesia yang menerapkan Syariat Islam, maka gelaran Pembukaan PON pun sangat kental dengan budaya Islami.

Penampakan Isi Nasi Kotak Atlet PON Aceh-Sumut

Penampakan Isi Nasi Kotak Atlet PON Aceh-Sumut, Warganet: Perih!

Pagelaran Pekan Olahraga Nasional (PON) XXI Aceh-Sumut ramai jadi sorotan karena dianggap tidak siap dan terkesan memaksakan.

img_title
VIVA.co.id
12 September 2024