Paus Fransiskus Terharu Ada Momen Ini Sebelum Pimpin Misa Akbar di GBK

Sumber :
  • VIVA.co.id/Foe Peace Simbolon

Jakarta, VIVA- Uskup Agung Jakarta, Ignatius Kardinal Suharyo Hardjoatmodjo berterimakasih kepada seluruh masyarakat Tanah Air dan stakeholder terkait, terkhusus ke Presiden Joko Widodo atau Jokowi yang menyambut Pimpinan Tertinggi Gereja Katolik dunia, Paus Fransiskus saat melakukan Kunjungan Apostolik.

Jokowi Minta Maaf ke Jajaran TNI-Polri, 10 Tahun Pimpin Indonesia Masih Ada yang Kurang

Dirinya tersanjung dengan Presiden Jokowi karena menyambut Paus Fransiskus begitu istimewa. "Kami keuskupan Agung Jakarta mewakili seluruh penyambutan Paus ingin menyampaikan rasa syukur dan ucapan terimakasih, secara khusus kepada Bapak Presiden," kata dia, Sabtu, 7 September 2024.

Presiden Jokowim menerima kunjungan Paus Fransiskus di Istana Negara, Jakarta

Photo :
  • Setkab
Jokowi Akan Pulang ke Solo Usai Pelantikan Prabowo 20 Oktober

Dia mengungkit momen pertemuan Paus Fransiskus dengan Presiden Jokowi. Dirinya menilai Jokowi sangat jarang menerima tamu negara di Istana Negara, biasanya di Istana Bogor. Namun, saat menerima Paus Fransiskus, Jokowi mengadakan pertemuan di Istana Negara. Menurutnya hal tersebut sebagai bentuk perhatian Jokowi ke Paus Fransiskus.

"Paus Fransiskus usianya sudah banyak supaya tidak terlalu memakan waktu, beliau mengusulkan perjumpaan di Istana Merdeka. Itu permintaan yang diberikan oleh Bapak Presiden," katanya.

Ini Arahan Jokowi Saat Ngumpulin Pejabat TNI dan Polri di IKN

Dirinya menambahkan, Paus Fransiskus juga merasa terharu saat Jokowi menemuinya sebelum Misa Akbar di GBK, Jakarta Pusat. Kata Suharyo, tak terpikirkan oleh Paus Fransiskus kalau Jokowi dan pejabat pemerintahan lain datang ke sana hanya untuk memberinya salam sebelum memimpin Ekaristi.

"Dan yang lebih istimewa lagi, yang sangat mengharukan bagi Paus, adalah ketika Bapak Presiden menyapa Paus ketika beliau datang ke Stadion Madya, tidak terpikirkan. Paus akan memimpin upacara perayaan Ekaristi disitu sudah ada Bapak Presiden beserta pejabat-pejabat yang lain sekedar untuk memberikan salam. Ini sungguh-sungguh sangat istimewa. Terima kasih kepada Bapak Presiden yang setulus-setulusnya," kata dia.

Pihaknya pun berterimakasih kepada aparat keamanan yang mengawal Paus Fransiskus selama kunjungan. Tak lupa Suharyo berterimakasih pula dengan kementerian/lembaga, khususnya Kementerian Luar Negeri.

"Ini sungguh-sungguh sangat membanggakan dan sangat memberikan ketentraman," katanya lagi.

Sebagai informasi, kunjungan Paus ke RI sebagai agenda perjalanan apostolik yangberlangsung hingga 6 September 2024. RI jadi negara tujuan pertama di wilayah Asia Pasifik.

Paus Fransiskus Tinggalkan Indonesia

Photo :
  • AP Photo/Tatan Syuflana

Selama di Indonesia dalam 4 hari, Paus Fransiskus melakukan pertemuan kenegaraan hingga pertemuan diplomatik. Mulai dari pertemuan dengan Presiden RI Joko Widodo  hingga pertemuan antaragama (Pidato Bapa Suci) di Masjid Istiqlal. 

Puncak kunjungan Paus adalah perayaan Ekaristi di Stadion Gelora Bung Karno (GBK) pada Kamis, 5 September 2024 yang dihadiri lebih 80 ribu umat katolik Indonesia.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya