Gempa Magnitudo 4,9 SR Guncang Gianyar Bali, Warga Berhamburan Keluar Rumah

Ilustrasi - Seismograf, alat pencatat getaran gempa.
Sumber :
  • ANTARA

Bali, VIVA – Gempa Bumi magnitudo 4,9 SR mengguncang Pulau Bali pada Sabtu, 7 September 2024 pukul 08:51:44 WIB. Episenter terletak pada koordinat 8.52 LS,115.35 BT, 2 km Timur Laut Gianyar, Bali dengan kedalaman 10km 

Bali Secures Another Gold Medal in Women's Cycling at PON XXI

Kepala Pelaksana BPBD Provinsi Bali Made Rentin mengatakan, menurut informasi dari Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) gempa yang mengguncang wilayah Bali dengan titik pusat di Gianyar tidak berpotensi Tsunami.

Hasil analisa BMKG menunjukkan, lokasi episenter dan kedalaman hiposenternya, gempa bumi yang terjadi merupakan jenis gempa bumi dangkal akibat aktivitas sesar aktif di darat. Berdasarkan hasil analisis mekanisme sumber menunjukkan bahwa gempa bumi memiliki mekanisme pergerakan turun (Normal Fault).

9 Polisi di Bali Dipecat Gegara Pelecehan Seksual hingga Narkoba, Ini Daftarnya

"Saat ini sedang dilakukan kaji cepat dan assesment awal, dengan mengumpulkan data  dan informasi dari seluruh BPBD Kabupaten Kota se-Bali," jelas Made Rentin, Sabtu, 7 September 2024.

BMKG Perkirakan Sebagian Kota Besar di Indonesia Hari Ini Turun Hujan

Dikatakan Made Rentin, menurut informasi yang dihimpun akibat dari guncangan gempa yang cukup keras mengakibatkan kerusakan ringan di beberapa wilayah di Gianyar, seperti, tembok retak dan genteng jatuh.

Gempa dirasakan di seluruh Kabupaten dan kota se-Bali hingga Mataram, Lombok.

"Seluruh Kabupaten dan Kota merasakan getaran gempa cukup keras, saat ini sedang dalam proses pengecekan dampak yang terjadi," ujarnya.

Hingga saat ini belum ada laporan dampak kerusakan yang ditimbulkan akibat gempa bumi tersebut. 

Ilustrasi - Seismograf, alat pencatat getaran gempa.

Gempa Magnitudo 3,0 Guncang Bayah Banten

BMKG menyatakan gempa tersebut terjadi pada sekitar jam 22.30 WIB dan berjarak 95 kilometer Barat Daya Kecamatan Bayah, Banten

img_title
VIVA.co.id
11 September 2024