Mendagri Tito Beri Apresiasi ke Penjabat Kepala Daerah Berprestasi, Siapa Saja?

Menteri Dalam Negeri Tito Karnavian.
Sumber :
  • VIVA.co.id/Foe Peace Simbolon

Jakarta, VIVA- Menteri Dalam Negeri, Muhammad Tito Karnavian, menekankan pentingnya evaluasi yang adil dan objektif terhadap kinerja para Penjabat Kepala Daerah.

Pilkada Kotak Kosong Dianggap dapat Rugikan Masyarakat

Hal itu diungkapkan Tito dalam acara Apresiasi Kemendagri dan Tempo untuk Penjabat Kepala Daerah Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) 2024, kepada para Penjabat Kepala Daerah yang telah menunjukkan kinerja luar biasa. Menurutnya, acara ini bukan cuma sekadar seremoni, tetapi juga upaya untuk menciptakan iklim kompetitif yang sehat.

"Berharap penghargaan ini dapat memotivasi para Penjabat Kepala Daerah untuk terus berinovasi dan memberikan yang terbaik bagi masyarakat," kata dia, Kamis, 5 September 2024.

Mendagri Sebut UU Pilkada Tidak Lagi Relevan, Usulkan Revisi dan Pembahasan Lanjutan

[dok. Menteri Dalam Negeri, Tito Karnavian]

Photo :
  • VIVA.co.id/Mohammad Yudha Prasetya

Adapun proses penilaian dilakukan secara ketat melalui metode kuantitatif oleh para juri ahli. Mereka adalah Inspektur Jenderal Kemendagri, Komisaris Jenderal Polisi Tomsi Tohir Balaw; Ketua Ombudsman RI, Mokhammad Najih; Peneliti Utama Politik BRIN, Siti Zuhro; Staf Ahli Menteri PANRB Bidang Pemerintahan Jufri Rahman, dan Direktur Utama Tempo Media Group Arif Zulkifli.

RUU Pilkada, Mendagri Sebut Bahas 42 Pasal dan 496 DIM

Penilaian kinerja berdasarkan tiga kategori utama, mulai dari kesejahteraan rakyat, pelayanan publik, dan ekonomi daerah, yang dikelompokkan berdasarkan tingkat kekuatan fiskal daerah (tinggi, sedang, dan rendah). Kemudian, klasifikasi penjurian terdiri dari tiga kategori penilaian, yakni kinerja total, kesejahteraan rakyat, pelayanan publik, dan ekonomi daerah.

Hasil evaluasi tadi pun diperkuat dengan melakukan survei bersama tSurvei guna mengetahui tingkat kepuasan publik atas kategori-kategori tadi. Lebih lanjut disebut, dari total 20 provinsi dan 145 kabupaten/kota yang dinilai, terpilihlah 11 pemenang di tingkat provinsi dan sembilan di tingkat kabupaten/kota.

Dengan adanya apresiasi ini, diharapkan semangat untuk berprestasi semakin tumbuh di kalangan Penjabat Kepala Daerah, demi kemajuan daerah dan kesejahteraan rakyat. Berikut ini pemenang Apresiasi Kinerja Penjabat Kepala Daerah 2024 Tingkat Provinsi:

- Fiskal Tinggi: Bali, Jawa Barat, Kalimantan Timur, Kalimantan Barat;

- Fiskal Sedang: Sumatera Selatan, Bangka Belitung;

- Fiskal Rendah: Sulawesi Barat, Papua Barat, NTT.

Apresiasi Khusus: DKI Jakarta (Fiskal Sangat Tinggi), Papua Tengah (Perempuan Inspiratif).

Pemenang Tingkat Kabupaten/Kota

- Fiskal Tinggi: Kota Bekasi, Kabupaten Gianyar, Kabupaten Tangerang;

- Fiskal Sedang: Kota Malang, Kota Bandung;

- Fiskal Rendah: Kabupaten Batang, Kabupaten Jepara, Kabupaten Tanah Laut.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya