Respons Kejagung Soal Rencana Kemenkumham Serahkan Rumah Penyimpanan Benda Sitaan Negara

Kepala Pusat Penerangan Hukum Kejaksaan Agung, Harli Siregar
Sumber :
  • VIVA.co.id/Foe Peace Simbolon

Jakarta, VIVA - Kejaksaan Agung menyambut baik rencana dari Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia (Kemenkum HAM) RI yang bakal melimpahkan kewenangan rumah penyimpanan benda sitaan negara (Rupbasan).

Kabar Terbaru Korupsi 109 Ton Emas Antam, Ini Kata Kejagung

“Kami menghormati dan mengapresiasi rencana Kemenkumham yang akan menyerahkan kewenangan terkait Rupbasan ke Kejaksaan RI,” ujar Kepala Pusat Penerangan Hukum Kejaksaan AGung, Harli Siregar pada Kamis, 5 September 2024.

Kepala Pusat Penerangan Hukum (Kapuspenkum) Kejagung, Harli Siregar,

Photo :
  • VIVA.co.id/Foe Peace Simbolon
Perpanjangan Pengurus PDIP Digugat ke PTUN, Komarudin Watubun: Dicek Dulu Siapa Dalangnya

Meski begitu, dia mengatakan belum bisa bicara lebih jauh soal tindak lanjut dari pelimpahan Rupbasan Kementerian Hukum dan HAM tersebut. Sehingga, Kejaksaan Agung masih menunggu bagaimana regulasi akan aturan itu.

“Kami juga baru mendengar dan memonitor pernyataan beliau melalui media. Tentu rencana tersebut sangat terkait dengan regulasi dan teknis pelaksanaannya. Jika ada perkembangan soal itu akan kami sampaikan,” kata dia.

Megawati Digugat ke PTUN, Komarudin Watubun: Mana Bisa Lemahkan PDIP

Untuk diketahui, Rumah Penyimpanan Benda Sitaan Negara atau Rupbasan, merupakan lokasi benda yang disita Negara guna keperluan proses peradilan. Rupbasan didirikan pada setiap Kabupaten atau Kota, dan jika perlu bisa dibentuk pula cabang Rupbasan. 

Rupbasan ditempatkan benda yang harus disimpan guna keperluan barang bukti dalam pemeriksaan tingkat penyidikan, penuntutan dan pemeriksaan di sidang pengadilan, termasuk barang yang dinyatakan dirampas berdasar putusan hakim.

Muktamar PKB di Bali Tetapkan Muhaimin Iskandar Jadi Ketua Umum Secara Aklamasi

Susunan Lengkap Pengurus DPP PKB 2024-2029: Cak Imin Ketum, Ma'ruf Amin Dewan Syuro

Partai Kebangkitan (PKB) merilis susunan Dewan Pengurus Pusat PKB periode 2024-2029 yang didaftarkan ke Kemenkumham

img_title
VIVA.co.id
12 September 2024