Jokowi Bakal Naik Innova Zenix ke Misa Akbar, Istana Sebut Sebagai Penghormatan

Hasan Nasbi di Istana Kepresidenan Jakarta
Sumber :
  • VIVA/ Ahmad Farhan Faris

Jakarta, VIVA – Pihak istana buka suara soal Presiden Joko Widodo (Jokowi) akan menggunakan mobil Toyota Innova Zenix untuk kembali bertemu Paus Fransiskus, sebelum penyelenggaraan acara Misa Akbar di Gelora Bung Karno, Jakarta, Kamis, sore nanti.

Jokowi Minta Para Menteri Tuntaskan Pekerjaan Jelang Lengser 20 Oktober 

Kepala Kantor Komunikasi Kepresidenan Hasan Nasbi menyebut langkah Presiden menggunakan Toyota Innova Zenix layaknya kendaraan yang ditumpangi Pemimpin tertinggi umat Katolik itu, selama kunjungan di Indonesia, merupakan bentuk penghormatan.

"Itu bentuk penghormatan," kata Hasan Nasbi kepada awak media, Kamis, 5 September 2024.

Tiga Arahan Lengkap Jokowi Saat Sidang Kabinet Terakhir di IKN

Toyota Innova Zenix jadi kendaraan Presiden Jokowi

Photo :
  • VIVA

Hasan menjelaskan, sejatinya Presiden pada kesempatan sebelumnya juga sudah sering menggunakan kendaraan tersebut untuk kegiatan-kegiatan pribadi. Namun dalam konteks bertemu Paus, kata Hasan, penggunaan mobil yang serupa dengan yang ditumpangi Paus, sesuatu yang wajar.

Jokowi Minta Menteri Dukung Program Prabowo: Jika Perlu Regulasi Baru, Segera Dibuat

"Kalau datang menghadiri (sebelum) misa Paus dengan kendaraan itu juga wajar, sebab Paus juga menggunakan kendaraan yang sama. Mencari persamaan ketimbang mengekspresikan perbedaan sangat penting dalam diplomasi dan komunikasi," ujarnya.

Kepala Kantor Komunikasi Kepresidenan Hasan Nasbi

Photo :
  • Antara

Hasan menerangkan, sama halnya seperti ketika Presiden menghadiri acara partai, di mana Kepala Negara hampir selalu menggunakan pakaian yang senada dengan warna partai tersebut.

"Agar secara emosional jadi lebih dekat, dan komunikasi pun bisa berjalan lebih hangat," imbuhnya.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya