8 Satuan Tugas Dikerahkan Amankan Misa Akbar Paus Fransiskus di GBK

Kabid Humas Polda Metro Jaya, Kombes Pol Ade Ary
Sumber :
  • VIVA.co.id/Foe Peace Simbolon

Jakarta, VIVA -- Polri bersama TNI dan Pemerintah Provinsi Jakarta menegaskan siap mengawal dua agenda internasional di Stadion Gelora Bung Karno, Tanah Abang, Jakarta Pusat, hari ini. Hal itu diungkapkan Kepala Bidang Hubungan Masyarakat Polda Metro Jaya, Komisaris Besar Polisi Ade Ary Syam Indradi.

Kata Kombes Bambang soal Viral Polisi Terima 'Salam Tempel' saat Mau Tilang Pemotor

”Yang pertama, pelaksanaan Misa Apostolik yang akan dipimpin oleh Paus Fransiskus. Misa ini akan berlangsung di Stadion Gelora Bung Karno dan dijadwalkan dimulai pukul 17.00 WIB. Kegiatan ini tentunya sangat dinantikan, terutama oleh umat Katolik di Indonesia yang ingin menyaksikan langsung kehadiran Paus Fransiskus di negara kita," kata dia, Kamis, 5 September 2024.

Mantan Kapolres Metro Jakarta Selatan ini berharap momen tersebut jadi kesempatan berharga bagi umat guna mendapat berkah serta mendengarkan pesan damai dan persatuan dari Paus Fransiskus. Sementara agenda kedua adalah International Sustainability Forum (ISF) 2024, yang akan diselenggarakan di Jakarta Convention Center (JCC).

Polisi Diperbanyak Berjaga di Monas hingga Ancol Long Weekend Ini, Ada Apa?

Ribuan Orang Berdesakan Menunggu Paus di Masjid Istiqlal

Photo :
  • (Ajeng Dinar Ulfiana/Pool Photo via AP)

"Forum ini mengundang para pemimpin dunia, pegiat lingkungan, serta tokoh-tokoh penting di bidang keberlanjutan untuk berdiskusi dan berbagi solusi mengenai isu-isu lingkungan, perubahan iklim, serta masa depan bumi kita. Forum ini juga menjadi langkah penting bagi Indonesia untuk menunjukkan komitmennya terhadap pembangunan berkelanjutan di tingkat internasional," kata dia.

Polisi Kasih Dispensasi Perpanjang SIM Mati Lagi, Tak Perlu Buat Baru

Dalam mengamankan dua agenda tersebut, Polri menyiapkan Operasi Tribrata Jaya 2024 dengan melibatkan 4.730 personel yang terbagi dalam delapan Satuan Tugas (Satgas). Hal itu sudah termasuk satgas yang ada di Polres wilayah seperti Bandara Soekarno-Hatta dan Jakarta Pusat.

"Kemudian Pemprov DKI juga menghimbau kepada instansi kementrian dan lembaga serta swasta untuk menerapkan WFH terhadap karyawannya yang bekerja di sekitaran akses yang di lintasi kegiatan Paus dan ISF 2024," katanya.

Diwartakan sebelumnya, lawatan Paus ke Jakarta kali ini akan berlangsung mulai 3-6 September 2024. Dalam perjalanan apostoliknya, Paus akan menyambangi beberapa tempat, mulai dari Gereja Katedral hingga Masjid Istiqlal.

Paus Fransiskus juga dikabarkan akan menemui petinggi negara, pemuka agama, hingga kelompok masyarakat tertentu selama berada di Indonesia untuk Misa Akbar di GBK.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya