Istana Sebut Jokowi Sering Pakai Innova Zenix untuk Kegiatan Senyap

Toyota Innova Zenix jadi kendaraan Presiden Jokowi
Sumber :
  • VIVA

Jakarta, VIVA – Baru-baru ini viral Presiden RI Joko Widodo (Jokowi) menaiki Toyota Innova Zenix berkelir hitam dengan nomor Polisi RI 1. Momen itu terjadi pada Rabu 4 September 2024 setelah ramai perbincangan Paus Fransiskus yang menaiki Innova Zenix saat kunjungan di Jakarta

Jokowi Ungkap Alasan Lantik Gus Ipul Jadi Mensos Meski Masa Pemerintahannya Tinggal 1,5 Bulan

Deputi Protokol, Pers dan Media Istana Presiden, Yusuf Permana membenarkan bahwa mobil Innova Zenix bernomor polisi RI 1 itu mennjadi tunggangan Jokowi dalam perjalanan menuju Istana Bogor. Menurut Yusuf, Jokowi kerap memakai mobil tersebut saat menjalani agenda senyap.

"Pada kegiatan-kegiatan tertentu yang bersifat incognito, sering sekali beliau menggunakan kendaraan Innova," ujar Yusuf Permana kepada wartawan, Rabu 4 September 2024.

Jokowi Minta Maaf ke Jajaran TNI-Polri, 10 Tahun Pimpin Indonesia Masih Ada yang Kurang

Deputi Bidang Protokol, Pers, dan Media Sekretariat Presiden Yusuf Permana

Photo :
  • ANTARA/Mentari Dwi Gayati

Toyota Innova Zenix tersebut, kata Yusuf, memang milik Jokowi. "Iya betul sekali, Itu kendaraan bapak (Jokowi)," ucap Yusuf.

Jokowi Akan Pulang ke Solo Usai Pelantikan Prabowo 20 Oktober

Meski begitu, Yusuf menuturkan bahwa Presiden Jokowi juga sering menggunakan kendaraan Fortuner saat bertugas. Tetapi, mobil Fortuner itu dipakai saat kunjungan yang melalui medan berat.

"Fortuner juga sering digunakan saat Kunker ketika medannya berat. Artinya berganti kendaraan adalah hal yang biasa kami lakukan," tukasnya.

Sebelumnya, Pemimpin Tertinggi Gereja Katolik Dunia Paus Fransiskus disambut langsung oleh Presiden RI Joko Widodo dengan upacara kenegaraan. Paus  tiba di Istana Merdeka, Jakarta, Rabu, 4 September 2024. 

Paus tiba di Istana Merdeka sekitar 9.35 WIB menumpangi Toyota Innova Zenix putih melalui gerbang depan Istana. Begitu tiba, kedatangan mobil Paus Fransiskus dipandu pasukan marching band dan pasukan berkuda. 

Pun, kendaraan yang ditumpangi Paus kemudian membawanya berkeliling kompleks Istana Kepresidenan.

Presiden Jokowim menerima kunjungan Paus Fransiskus di Istana Negara, Jakarta

Photo :
  • Setkab

Di sepanjang jalur kendaraan Paus Fransiskus berdiri anak-anak berpakaian adat yang membawa bendera Merah Putih dan bendera Vatikan. Anak-anak pun bersorak menyambut kedatangan Paus Fransiskus.

Paus kemudian turun di salah satu sisi Istana Merdeka. Selanjutnya, disambut Presiden Jokowi dan Presiden Terpilih Prabowo Subianto, serta sejumlah menteri kabinet. 

Kemudian, dilaksanakan upacara kenegaraan untuk menyambut Pemimpin Takhta Suci Vatikan tersebut.

Diketahui, Paus Fransiskus selaku pemimpin umat Katolik dunia melakukan perjalanan apostolik ke Asia Pasifik pada September 2024. Ada empat negara yang bakal dikunjungi, meliputi Indonesia, Papua Nugini, Timor Leste, dan Singapura.

Indonesia jadi negara pertama yang dikunjungi pada 3-6 September 2024. Lalu, kunjungan Paus Fransiskus ke Tanah Air ini merupakan ketiga kalinya, setelah Paus Paulus VI pada tahun 1970 dan kunjungan Paus Yohanes Paulus II pada 1989.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya