Pansus Haji: Ada 3.503 Pendaftar Haji Khusus Berangkat Tahun 2024 Tanpa Masa Tunggu

Wakil Ketua Panitia Khusus (Pansus) Angket Haji 2024 DPR RI, Marwan Dasopang (kanan) di Gedung Sistem Komputerisasi Haji Terpadu (Siskohat) Kementerian Agama (Kemenag) RI, Rabu, 4 September 2024
Sumber :
  • VIVA.co.id/Yeni Lestari

Jakarta, VIVA - Wakil Ketua Panitia Khusus (Pansus) Angket Haji 2024 DPR RI, Marwan Dasopang mengatakan ada 3.503 calon jemaah haji khusus yang diberangkatkan tanpa masa tunggu pada musim haji 2024.

Petinggi Gerindra Diisukan Gantikan Retno Marsudi Jadi Menlu, Begini Respons DPR

Hal itu diungkap Marwan usai pihaknya menggeruduk Gedung Sistem Komputerisasi Haji Terpadu (Siskohat) Kementerian Agama (Kemenag) RI, Rabu, 4 September 2024.

"Tiba-tiba ada orang yang 0 tahun berangkat. Banyak loh, (ada) 3.503 orang pendaftar 2024 berangkat 2024," kata Marwan. 

PKB Dukung Penambahan Kementerian untuk Pemerintahan Prabowo demi Percepatan Pembangunan

Marwan menilai, hal tersebut tidak adil. Terlebih, kata dia, banyak pendaftar haji yang membutuhkan waktu hingga puluhan tahun untuk bisa berangkat haji.

"Ini kan aspek keadilan, orang sudah menunggu 7 tahun di haji khusus, ada orang yang menunggu 25 tahun di haji reguler, rata-rata loh. Ada beberapa tempat yang 48 tahun," jelas Marwan.

Banggar DPR soal Anggaran Rp 10 Miliar Buat Sosialisasi Program Makan Bergizi Gratis

Kata dia, Kemenag berasalan, bahwa mereka diberangkatkan tanpa masa tunggu itu karena masih adanya sisa kuota. "Menurut mereka ini sisa, jadi masih ada kuota yang tersisa," lanjut Marwan. 

Ilustrasi Jemaah Haji Asal Indonesia Kloter Pertama Tiba di Madinah

Photo :
  • Istimewa

"Tapi, nyatanya sudah diberangkatkan Januari ada dua tahap, Februari ada 3 tahap, Maret ada 2 tahap, Mei 2 tahap, Juni ada 1 tahap, ini semuanya ada 0 tahun," ungkap Marwan.

Bagi dia, alasan Kemenag tak bisa diterima. Dia menduga ada by desain dalam pengaturan kuota haji.

"Jadi, logika kita tidak bisa menerima apa yang mereka sebut sisa. Kalau sisa itu boleh di Juni, di Juli masih ada sisa bolehlah berangkat yang 0 tahun. Ini enggak, di Januari, maka ini by desain memberi kesempatan kepada orang yang mana tau kita, orang yang mana itu, nah ini jadi pertanyaan lagi," ujar Marwan.

Sebelumnya, Pansus Angket Haji DPR RI menggeruduk Gedung Siskohat Kemenag RI, Rabu, 4 September 2024.

Dari pantauan VIVA, sejumlah anggota Pansus Haji yang melakukan sidak di antaranya, Saleh Daulay, Arteria Dahlan, Marwan Dasopang dan Ketua Komisi VIII DPR RI, Ashabul Kahfi.

Mereka tiba di Gedung Siskohat sekitar pukul 10.20 WIB dengan langsung menuju ke lantai 3 Gedung Siskohat yang merupakan tempat adanya ruang rapat hingga communication server. 

Kedatangan para anggota Pansus Haji itu disambut langsung Kepala Subdirektorat Data dan Sistem Informasi Haji, Hasan Affandi. Mereka kemudian meminta Hasan untuk menunjukkan dimana data centre Siskohat.

“Di mana data centre Siskohat, kami mau lihat” kata Arteria Dahlan. 

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya