Cawabup Bogor Malam-malam Datangi Warga Korban Bencana Puting Beliung

Musyafaur Rahman mendatangi lokasi bemcana puting beliung di Pamijahan Kabupatem Bogor. VIVA/Muhammad AR
Sumber :
  • VIVA.co.id/Muhammad AR (Bogor)

Bogor, VIVA – Bakal calon wakil bupati Bogor yang diusung PDI Perjuangan Musyafaur Rahman mengunjungi warga terdampak bencana puting beliung di Pamijahan, Kabupaten Bogor, Selasa malam, 3 September 2024.

Musyafaur Rahman, yang karib disapa Kang Mus, juga memberikan sejumlah bantuan kepada warga terdampak bencana. Kunjungan Kang Mus di wilayah Kecamatan Pamijahan diawali dengan menyambangi kantor Desa Cimayang. Di sana, dia bertemu dengan aparat pemerintah desa dan menanyakan kondisi usai bencana.

Setelah itu, Kang Mus, yang maju mendampingi bakal calon bupati Bogor Bayu Syahjohan, menyerahkan sejumlah bantuan untuk meringankan warga terdampak bencana. Bantuan yang diberikan berupa paket beras dan mi instan kepada warga terdampak serta santunan kepada warga yang rumahnya rusak berat.

Nunung Buka Usaha Makanan, Raffi Ahmad Beri Bantuan Tempat untuk Dijadikan Restoran

Bakal calon wakil bupati Bogor yang diusung PDI Perjuangan Musyafaur Rahman meng

Photo :
  • VIVA/Muhammad AR


"Saya dapat kabar tadi pagi, saya langsung minta tim koordinasi dengan desa berapa yang terdampak, menurut data kan 244 (jiwa), kemudian ada 10 yang rusak berat (rumah)," ujar Kang Mus.

INH Ajak Semua Pihak Peduli Bencana Puting Beliung yang Terjang Ratusan Rumah di Bogor


"Kemudian kita ada sedikit yang bisa kita bantu, ya, kita bantu, karena standar manusia kan berbagi ya. Kita titipkan tadi ke desa," dia menambahkan.

Setelah dari Desa Cimayang, Kang Mus tak langsung pulang. Ia bertolak ke Desa Situ Udik Kecamatan Cibungbulang. Di sana, kedatangan Kang Mus disambut warga dan pengurus lingkungan. Mereka lalu berdialog dan menyampaikan keluh kesahnya soal bencana puting beliung yang baru saja terjadi.

Kang Mus lantas memberikan bantuan seperti di Desa Cimayang kepada warga Desa Situ Udik yang terdampak bencana.

Hujan Lebat Picu Banjir Bandang Landa Pakistan, 20 Orang Tewas dalam Sehari

Ilustrasi rumah diterjang puting beliung

Photo :
  • istimewa


"Seperti angin puting beliung ini kan hal yang tidak bisa kita antisipasi bentuknya, sehingga yang paling mungkin kita lakukan adalah tanggap bencana. Apa yang dikerjakan oleh Pemkab Bogor cukup baik, menurut informasi tadi, Pak Plh Pj bupati juga sudah datang bersama Pak Pj Gubernur Jawa Barat," ujar Kang Mus.

"Itu merupakan bentuk tanggap pemerintah yang, menurut saya, patut diapresiasi dan itu harus dipertahankan ke depannya oleh siapapun yang terpilih nantinya dalam pilkada 2024," katanya.

Kang Mus juga tak memungkiri sejumlah wilayah di Kabupaten Bogor memang rawan bencana. Ketika wilayah rawan bencana itu sudah dipetakan, langkah antisipasi maupun rekomendasi hasil kajian ilmiah perlu dimasifkan pemerintah sebagai upaya pencegahan.

"Pemetaan terhadap bencana ini penting, kita tidak harapkan bencana itu datang, tapi ketika bencana itu datang kita sudah siap, sehingga adanya korban jiwa maupun korban harta ini bisa kita hindari. Misalnya, nanti mungkin bisa membuat teknologi bagaimana atap rumah itu tidak terbang ketika ditiup angin kencang dan lainnya. Itu harus sudah dimulai," katanya.

Hujan deras disertai angin kencang yang melanda wilayah Kabupaten Bogor dan sekitarnya pada Senin, 2 September, menyebabkan sejumlah bencana, termasuk di Pamijahan.

Desa Cimayang dan Situ Udik menjadi wilayah yang dampak bencananya cukup parah karena merusak ratusan rumah warga. Bahkan di Cimayang, angin puting beliung juga merobohkan bangunan budidaya ikan hias dan menimpa sejumlah pekerja. Sebanyak 2 warga dinyatakan meninggal dunia dan 4 lainnya luka-luka.

Kemensos bersama Komisi VIII DPR RI menyerahkan bantuan ATENSI

Kemensos Bersama Komisi VIII DPR RI Serahkan Bantuan Bagi Masyarakat Rentan di Depok

Kementerian Sosial (Kemensos) bersama Komisi VIII DPR RI menyerahkan bantuan Asistensi Rehabilitasi Sosial (ATENSI) kepada masyarakat rentan di Depok, Jawa Barat.

img_title
VIVA.co.id
13 September 2024