Maung MV3 Dikonversi Jadi Popemobile saat Paus Fransiskus Sapa Umat Katolik di GBK

Paus Fransiskus Tiba di Indonesia
Sumber :
  • Foto AP/Gregorio Borgia

Jakarta, VIVA - Dalam rangka kunjungan bersejarah Paus Fransiskus ke Indonesia, dua kendaraan khusus telah disiapkan untuk memastikan kelancaran dan keselamatan perjalanan Sang Paus. 

Jadi Jaminan Keamanan Penerbangan Paus Fransiskus ke Papua Nugini, Dirut Garuda: Ada Obrolan Rahasia

Kendaraan tersebut terdiri dari Toyota Kijang Innova Zenix dan Maung MV3, yang telah dimodifikasi menjadi Popemobile, kendaraan seremonial khas Paus.

Maung MV3, yang merupakan produksi PT Pindad, telah dikonfirmasi oleh Ketua Panitia Kunjungan Paus Fransiskus ke Indonesia, Ignasius Jonan, sebagai kendaraan yang akan digunakan Paus untuk menyapa umat. 

Kunjungi Singapura, Paus Fransiskus Serukan Gaji Layak untuk Para Pekerja Migran

"Kendaraan Maung yang diproduksi oleh Pindad ini akan digunakan Paus Fransiskus untuk inspeksi dan menyapa umat, khususnya saat misa di Gelora Bung Karno," ujar Ignasius dalam keterangannya Selasa 3 September 2024. 

Ryan Prasastyo, Corporate Communication Executive dari Pindad, menambahkan bahwa Maung MV3 Tangguh, sebagai basis Popemobile, telah dimodifikasi sesuai kebutuhan operasional Paus. 

Momen Kunjungan Paus Fransiskus Makin Sempurna dengan Bantuan Teknologi AR

"Memang benar, basis kendaraan ini adalah Maung MV3 Tangguh yang telah dimodifikasi untuk memenuhi spesifikasi Popemobile," kata Ryan.

Maung MV3, yang merupakan produksi PT Pindad, telah dikonfirmasi oleh Ketua Panitia Kunjungan Paus Fransiskus ke Indonesia, Ignasius Jonan, sebagai kendaraan yang akan digunakan Paus untuk menyapa umat.

Photo :
  • VIVA.co.id/Andrew Tito

Pelat Nomor SCV 1 dan Fitur Popemobile

Berdasarkan video yang beredar di media sosial, terlihat bahwa Maung MV3 telah dimodifikasi menjadi Popemobile berwarna putih dengan pelat nomor SCV 1. 

Pelat nomor ini mengacu pada Status Civitatis Vaticanae (Negara Kota Vatikan), dengan angka 1 menandakan bahwa kendaraan ini digunakan oleh pemimpin tertinggi Vatikan.

Di kabin belakang Popemobile, tampak kursi yang dapat berputar 360 derajat, sementara bagian atap kemungkinan terbuat dari kaca atau bahan transparan untuk memberikan visibilitas maksimal. 

Video tersebut juga menunjukkan adanya tangga tambahan yang memudahkan Paus untuk naik ke kabin belakang dan emblem Tangguh yang menandai varian Maung ini.

Penting untuk dicatat bahwa video tersebut kemungkinan besar diambil sekitar empat hari sebelum kunjungan, mungkin oleh Pasukan Pengamanan Presiden (Paspampres) dan panitia.

Spesifikasi dan Jadwal Kunjungan

Maung MV3 Tangguh, yang diproduksi oleh PT Pindad, dilengkapi dengan mesin turbo diesel 2.200 cc, yang memungkinkan mobil ini melaju dengan kecepatan aman hingga 100 km per jam dan menempuh jarak hingga 500 kilometer. 

Dimensi asli kendaraan ini adalah panjang 4.977 mm, lebar 2.000 mm, dan tinggi 1.820 mm.

Paus Fransiskus tiba di Indonesia pada Selasa 3 September 2024 setelah berangkat dari Roma, Italia, pada Senin 2 September 2024. 

Selama kunjungannya dari 3 hingga 6 September, Paus dijadwalkan akan mengunjungi berbagai lokasi penting, termasuk Istana Merdeka, Grha Pemuda, Masjid Istiqlal, kantor Konferensi Waligereja Indonesia (KWI), dan Gelora Bung Karno (GBK).

Kunjungan ini adalah bagian dari perjalanan apostolik Paus Fransiskus yang juga akan melanjutkan ke negara-negara tetangga seperti Papua Nugini dan Singapura.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya