Tiba di Istana Merdeka Jakarta, Paus Fransiskus Langsung Disambut Upacara Kenegaraan

Paus Fransiskus melambaikan tangan.
Sumber :
  • ANTARA/Dhemas Reviyanto

Jakarta, VIVA - Pemimpin Tertinggi Gereja Katolik Dunia Paus Fransiskus disambut langsung oleh Presiden RI Joko Widodo dengan upacara kenegaraan. Paus  tiba di Istana Merdeka, Jakarta, Rabu, 4 September 2024. 

Soal Pertemuan Megawati-Prabowo, Pengamat: Lebih Besar Mudarat daripada Manfaatnya

Paus tiba di Istana Merdeka sekitar 9.35 WIB menumpangi Toyota Innova Zenix putih melalui gerbang depan Istana. Begitu tiba, kedatangan mobil Paus Fransiskus dipandu pasukan marching band dan pasukan berkuda. 

Pun, kendaraan yang ditumpangi Paus kemudian membawanya berkeliling kompleks Istana Kepresidenan.

Jokowi Aims for Balikpapan-IKN Toll Road Completion by Mid-2025

Di sepanjang jalur kendaraan Paus Fransiskus berdiri anak-anak berpakaian adat yang membawa bendera Merah Putih dan bendera Vatikan. Anak-anak pun bersorak menyambut kedatangan Paus Fransiskus.\

Menteri Agama RI Yaqut Cholil Qoumas menyambut kedatangan Paus Fransiskus

Photo :
  • Kemenag
Warganet Ucapkan Terima Kasih ke Jokowi via Postingan IG Ajudannya

Paus kemudian turun di salah satu sisi Istana Merdeka. Selanjutnya, disambut Presiden Jokowi dan Presiden Terpilih Prabowo Subianto, serta sejumlah menteri kabinet. 

Kemudian, dilaksanakan upacara kenegaraan untuk menyambut Pemimpin Takhta Suci Vatikan tersebut.

Diketahui, Paus Fransiskus selaku pemimpin umat Katolik dunia melakukan perjalanan apostolik ke Asia Pasifik pada September 2024. Ada empat negara yang bakal dikunjungi, meliputi Indonesia, Papua Nugini, Timor Leste, dan Singapura.

Indonesia jadi negara pertama yang dikunjungi pada 3-6 September 2024. Lalu, kunjungan Paus Fransiskus ke Tanah Air ini merupakan ketiga kalinya, setelah Paus Paulus VI pada tahun 1970 dan kunjungan Paus Yohanes Paulus II pada 1989.

Prabowo dan Gibran hadiri acara Halalbihalal di Kantor PBNU

Apresiasi 10 Tahun Jokowi, Masyarakat Dukung dan Sambut Prabowo dengan Harapan Baru

Masyarakat Indonesia kini menyambut dengan antusias transisi pemerintahan menuju kepemimpinan Presiden Terpilih Prabowo Subianto.

img_title
VIVA.co.id
16 September 2024