'Jurus' Kalapas Cibinong Rehab Warga Binaan Kasus Narkoba

Sumber :
  • VIVA.co.id/Foe Peace Simbolon

Jakarta, VIVA - Kegiatan rehabilitasi kepada warga binaan dilakukan Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) Klas IIA Cibinong, Jawa Barat, guna mengatasi ketergantungan terhadap zat adiktif.

Perpanjangan Pengurus PDIP Digugat ke PTUN, Komarudin Watubun: Dicek Dulu Siapa Dalangnya

Caranya, dengan metode terapi kelompok yang bekerjasama konselor dari Ikatan Konselor Adiksi Indonesia (IKAI). Kegiatan rehabilitasi bertujuan meningkatkan kehidupan sosial warga binaan yang mana implementasi itu berdasar amanat Undang-undang Nomor 22 Tahun 2022, tentang pembinaan warga binaan agar bisa berperan kembali sebagai anggota masyarakat yang bebas dan bertanggung jawab.

“Kegiatan ini untuk meningkatkan semangat para warga binaan penyalahguna narkoba dalam menjalani rehabilitasi pemasyarakatan dan secara rutin dilakukan, sehingga nantinya warga binaan dapat terlepas dari jeratan penggunaan narkoba,” ujar Kepala Lapas Cibinong, Wisnu Hani Putranto, pada Selasa, 3 September 2024.

Megawati Digugat ke PTUN, Komarudin Watubun: Mana Bisa Lemahkan PDIP

Photo :
  • VIVA.co.id/Foe Peace Simbolon

Dia menyebut, ada 50 orang warga binaan yang ikut kegiatan rehabilitasi dengan metode terapi kelompok. Katanya, warga binaan diberi pembekalan tentang pemahaman zat adiktif serta tips dalam mengurangi ketergantungan terhadap zat adiktif itu.

PDIP Sebut Gugatan 4 Kader ke PTUN sebagai "Upaya Penyerangan"

Wisnu menjelaskan tujuan dari terapi kelompok ini supaya para warga binaan penyalahgunaan narkoba bisa saling mendukung dalam mengatasi dan memecahkan masalah yang dihadapi dengan saling berbagi masalah yang dialami sampai dapat terselesaikan secara efektif dan efisien.

“Semua peserta rehabilitasi medis menjalani kegiatan dengan penuh semangat. Harapan saya tentu mereka bisa terus mengembangkan sikap kemasyarakatan dan menanamkan sikap prososial, sehingga mereka nantinya dapat kembali ke masyarakat dan tidak mengulangi tindakan penyalahgunaan narkoba kedepannya,” kata dia.

Muktamar PKB di Bali Tetapkan Muhaimin Iskandar Jadi Ketua Umum Secara Aklamasi

Susunan Lengkap Pengurus DPP PKB 2024-2029: Cak Imin Ketum, Ma'ruf Amin Dewan Syuro

Partai Kebangkitan (PKB) merilis susunan Dewan Pengurus Pusat PKB periode 2024-2029 yang didaftarkan ke Kemenkumham

img_title
VIVA.co.id
12 September 2024