Perang Bintang di Pilkada Jateng, Panglima TNI: Tak Ada Pengamanan Khusus

Panglima TNI Jenderal Agus Subiyanto di Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta Pusat
Sumber :
  • VIVA.co.id/Yeni Lestari

Jakarta, VIVA – Panglima TNI Jenderal Agus Subiyanto mengatakan pihaknya tak akan melakukan pengamanan khusus untuk Pilkada di wilayah Jawa Tengah (Jateng). Meskipun, ada persaingan 2 mantan perwira tinggi dari TNI dan Polri dalam Pilkada di wilayah itu.

130 Perwira Tinggi TNI Dimutasi, Ini Daftar Namanya

Diketahui, eks Panglima TNI, Andika Perkasa-Hendrar Prihadi (Hendi) dan eks Kapolda Jateng, Irjen Ahmad Luthfi-Taj Yasin bertarung dalam kontestasi Pilkada Jateng. Pertarungan inilah yang kemudian disebut sebagai 'perang bintang'.

"Enggak ada (pengamanan khusus). Kita kewilayahan saja pengamanannya. Ya sama-sama kita jaga keamanan supaya negara ini aman, rakyat sejahtera," kata Agus kepada wartawan di Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta Pusat, Selasa, 3 September 2024.

Indikator Politik: Elektabilitas Pasangan Dedi Mulyadi-Erwan Setiawan Unggul di Pilgub Jabar

Panglima TNI Jenderal Agus Subiyanto di Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta Pusat

Photo :
  • VIVA.co.id/Yeni Lestari

Agus menyebut, pihaknya bakal berkoordinasi dengan kepolisian dalam melakukan pengamanan wilayah saat Pilkada 2024 berlangsung.

Panglima TNI Ganti Pangdam Siliwangi dan Pangdam Pattimura

"Semua wilayah kita anggap sama ya, supaya kita pengamanannya lebih serius. Saya rasa tidak hanya TNI, kan ada sama-sama dengan kepolisian dan masyarakat yang ada di wilayah," tuturnya.

Ilustrasi surat suara di pemilu

Photo :
  • vstory

Lebih lanjut, Agus meyakini pengamanan saat Pilkada 2024 ini akan berlangsung lancar. Dia juga meyakini, Panglima Komando Utama (Pangkotama) telah memetakan wilayah-wilayah yang terbilang rawan saat Pilkada.

"Ya memang kalau Pilkada lebih dinamis, saya sudah memetakan dan saya rasa para pangkotama sudah memetakan wilayah-wilayah mana yang memang rawan,"pungkas dia.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya