Wamenkes: Perundungan tak Boleh Terjadi di Pendidikan Dokter Manapun

Sumber :
  • VIVA.co.id/Edwin Firdaus

Jakarta, VIVA - Wakil Menteri Kesehatan (Wamenkes), Dante Saksono menegaskan bahwa perundungan tidak boleh terjadi di Program Pendidikan Dokter Spesialis (PPDS). Ia menekankan hal itu tidak boleh terjadi di manapun di seluruh Indonesia.

Kata Polisi soal Dokter Aulia Transfer Rp 225 Juta ke Beberapa Orang Sebelum Meninggal

Demikian Wamenkes Dante menyikapi dugaan perundungan terhadap mahasiswi PPDS Anestesi Universitas Diponegoro (Undip), dokter Aulia Risma Lestari.

"Kami ingin bahwa perundungan itu tidak akan ada di Program Pendidikan Dokter Spesialis di seluruh Indonesia ya," kata Dante kepada awak media di Kompleks Istana Kepresidenan, Jakarta, Selasa, 3 September 2024. 

Photo :
  • VIVA.co.id/Edwin Firdaus
Bongkar Rekaman CCTV di Sekolah, SMA Binus Simprug Bantah Adanya Bullying

Dante menjelaskan, apa yang terjadi pada Aulia Risma perlu menunggu hasil investigasi resmi pihak kepolisian. Kementerian Kesejatan (Kemenkes), terang dia, akan menyatakan sikap atau kesimpulan manakala hasil investigasi sudah disampaikan.

"Bahwa perundungan modelnya itu seperti apa, kriteria seperti apa, harus kita klarifikasi bersama-sama," kata Dante. 

Pantas Bikin Andre Taulany Terpesona, Pendidikan Tsania Marwa Ternyata Bukan Kaleng-kaleng

Dante juga menekankan bahwa dokter merupakan profesi mulia sehingga harus diawali dengan hati yang bersih dari awal menjalankan pendidikan.

Kementerian Kesehatan, kata Dante, ingin memastikan tidak ada aksi-aksi senioritas ataupun perundungan di kalangan mahasiswa PPDS.

Kementerian Kesehatan sendiri akan melakukan penelusuran terkait dugaan perundungan di tempat lain. Menurut Dante, ada beberapa kasus yang dilaporkan langsung ke Kementerian Kesehatan, tapi masih memerlukan bukti untuk menentukan terjadi perundungan atau tidak.

"Ada sekitar 1.000 lebih perundungan yang kita klarifikasi ternyata sebagian besar bukan perundungan. Yang perundungan itu sekitar 30 persen yang memang benar-benar perundungan," imbuhnya.

Bakal calon gubernur Sulawesi Tenggara Andi Sumangerukka (ASR)

Cara ASR Wujudkan Kesejahteraan Warga Sultra Lewat Pendidikan, Kesehatan dan Lapangan Kerja

Andi Sumangerukka (ASR), bakal calon gubernur Sulawesi Tenggara (Sultra) memperkenalkan visi misi dan program kerja ke masyarakat Kolaka.

img_title
VIVA.co.id
16 September 2024