Wapres Ma’ruf Amin Hadiri Pengukuhan Kepengurusan Amphuri

Pengukuhan DPP AMPHURI masa bakti 1445H-1450H/2024-2028
Sumber :
  • VIVA.co.id/Muhammad AR (Bogor)

Jakarta, VIVA – Wakil Presiden RI, KH Ma’ruf Amin menghadiri pengukuhan kepengurusan Asosiasi Muslim Penyelenggara Haji dan Umrah Republik Indonesia (Amphuri) di The Opus Grand Ballroom Tribrata Hotel & Convention Center, Jakarta, pada Senin, 2 September 2024.

Peringatan Maulid Nabi, Menag Yaqut Minta Masyarakat Ikuti Teladan Rasulullah

Pengukuhan yang merupakan hasil Musyawarah Nasional (Munas) VI Amphuri di Bandung pada akhir Juli 2024 yang menetapkan Firman M Nur sebagai Ketua Umum untuk masa bakti 1446H-1450H/2024-2028.

Sehari sebelum pengukuhan, para pengurus mengikuti pendidikan dan pelatihan tepat di hari lahir Amphuri untuk menguatkan visi dan misi organisasi.

Pramono Janji Lanjutkan Program Umrah Gratis untuk Marbot Masjid Era Ahok

Ilustrasi ibadah haji.

Photo :
  • MCH 2023

“Alhamdulillah, pengukuhan kepengurusan masa bakti 1446H-1450H/2024-2028 dilaksanakan genap di hari lahir Amphuri yang ke-17 tahun. Bagi kami ini suatu momen yang sangat istimewa, terlebih pengukuhan ini dihadiri oleh Wakil Presiden KH Ma’ruf Amin,” kata Firman M Nur.

Ketua Umum Kadin Anindya Bakrie Ingin Pengusaha Naik Kelas

Firman menyatakan, sehari sebelum pengukuhan, seluruh jajaran pengurus dikumpulkan untuk mengikuti pendidikan dan pelatihan keorganisasian di Hotel Grand Kemang Jakarta. Menurutnya, diklat ini menjadi bagian dari upaya profesionalisasi dalam tubuh Amphuri sebagai asosiasi penyelenggara umrah dan haji khusus pertama dan terbesar di Indonesia ini.

“Amphuri telah menerapkan manajemen pelayanan berstandar internasional ISO 9001-2015, karena itu, diklat ini menjadi upaya kami untuk menjadikan Amphuri lebih profesional dan mendunia,” kata Firman.

Kepengurusan Amphuri yang dilantik pada hari ini, katanya, merupakan hasil rekrutmen terbuka yang dilakukan sepekan usai pelaksanaan Munas VI. Para pelaku usaha yang bersedia menjadi pengurus telah melalui proses fit and proper test.

Ilustrasi Jemaah Indonesia tengah menunaikan ibadah umrah.

Photo :
  • Fuad Hasan/Maktour

“Alhamdulillah, hasil penjaringan kami mendapatkan insan-insan profesional dan memiliki kapasitas serta kompeten di bidangnya. Insyaallah, personel yang menduduki jabatan kepengurusan adalah the right man on the right place,” ujarnya.

Terlebih, kata Firman, tantangan Amphuri sebagai rumah besar dari penyelenggara umrah dan haji khusus saat ini dan ke depan makin berat dalam menghadapi iklim usaha yang serba tidak menentu. Karena itu, Amphuri yang telah tersebar dari Aceh hingga Papua ini harus dikelola oleh orang-orang yang siap dan memiliki kemampuan untuk menjawab semua tantangan ke depan.

“Dan untuk menguatkan kapasitas dan kompetensi anggota, kepengurusan Amphuri kali ini dilengkapi bidang khusus yang mengampu pelatihan dan sertifikasi,” jelasnya.

Firman menambahkan, diklat pengurus dan pengukuhan ini menjadi momen bersejarah, karena bertepatan dengan haflah milad ke-17 Amphuri. Dalam diklat yang diikuti seluruh jajaran pengurus, Amphuri mencanangkan sejumlah aksi program kerja untuk menjadikan Amphuri sebagai organisasi yang berwibawa dan profesional dalam membina dan memberdayakan anggotanya yang saat ini tercatat sebanyak 657 biro perjalanan umrah dan haji khusus.

“Insyaallah, kepengurusan masa bakti 2024-2028 yang dilantik hari ini menyatakan siap dan komitmen untuk melayani lebih baik demi kemajuan ekosistem haji dan umrah serta wisata muslim di Indonesia, sebagaimana yang diamanatkan dalam Munas VI di Bandung” kata Firman.

Sebagaimana diketahui, dalam Munas VI Amphuri di Bandung, Firman terpilih kembali melalui sistem e-voting, sebuah sistem yang dikembangkan oleh tim IT Amphuri, memungkinkan hasil pemungutan suara diketahui dalam hitungan menit. Selain memilih Ketua Umum, Munas VI juga memilih Ketua Dewan Penasihat (KDP) dan Ketua Dewan Kehormatan (KDK). Cheppy Wahyu Hidayat terpilih secara aklamasi sebagai KDP dan Zaenal Abidin terpilih dengan cara yang sama sebagai KDK.

Sekilas tentang Amphuri

Amphuri adalah asosiasi yang beranggotakan penyelenggara umrah (PPIU) dan Haji Khusus (PIHK), merupakan asosiasi pertama dan terbesar yang dilahirkan oleh pemerintah RI pada tahun 2007 oleh Menteri Agama.

Saat ini Amphuri memiliki anggota 657 perusahaan penyelenggara umrah dan haji dari seluruh wilayah Indonesia, dan memiliki 14 (empat belas) DPD di seluruh Indonesia dengan menerapkan managemen pelayanan berstandar internasional ISO 9001-2015.

Amphuri dideklarasikan pada Sabtu, 19 Sya’ban 1428H, bertepatan dengan 1 September 2007 di Hotel Manhattan, Jakarta. Artinya, hingga saat ini, Amphuri telah berusia 17 tahun.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya