Disebut Menag Sosok yang Sederhana, Siapa Paus Fransiskus?

Paus Fransiskus Tiba di Indonesia
Sumber :
  • AP Photo /Achmad Ibrahim

Jakarta, VIVA – Menteri Agama (Menag) RI Yaqut Cholil Qoumas memuji kesederhanaan Pemimpin Tertinggi Gereja Katolik Dunia, Paus Fransiskus atas kesederhanaannya.

Jadi Jaminan Keamanan Penerbangan Paus Fransiskus ke Papua Nugini, Dirut Garuda: Ada Obrolan Rahasia

"Saya kira ini luar biasa kesederhanaan beliau. Beliau contohkan bagaimana menjadi pimpinan, karena beliau ini kan bukan hanya pemimpin agama, tetapi juga pemimpin negara," kata Yaqut, Selasa 3 September 2024 dikutip Antara,

Diketahui Paus Fransiskus untuk menuju ke Indonesia tidak menggunakan pesawat jet pribadi, melainkan pesawat komersial dari maskapai ALITALIA (ITA Airways).

Kunjungi Singapura, Paus Fransiskus Serukan Gaji Layak untuk Para Pekerja Migran

Begitupun saat menuju Jakarta dari Bandara Soetta, tidak mengenakan mobil mewah, melainkan hanya Toyota Kijang Innova Zenix, Paus juga dikabarkan tidak menginap di hotel mewah.

Paus Fransiskus menaiki mobil Toyota Kijang Innova Zenix.

Photo :
  • Antara Foto
Momen Kunjungan Paus Fransiskus Makin Sempurna dengan Bantuan Teknologi AR

Adapun menurut Ketua Konferensi Waligereja Indonesia (KWI) Antonius Subianto Bunjamin mengatakan bahwa kunjungan Paus Fransiskus ke Indonesia adalah untuk membawa misi kemanusiaan dan misi persaudaraan.

Dia berharap kunjungan Fransiskus ke Indonesia bisa menjadikan Indonesia sebagai agen persaudaraan kemanusiaan di Asia.

Siapa Paus Fransiskus?

Paus Fransiskus merupakan Pemimpin tertinggi Gereja Katolik sedunia, Paus Fransiskus menjadi Paus ketiga yang berkunjung ke Indonesia setelah Paus Paulus VI pada 1970 dan Paus Paulus II pada Oktober 1989.

Dilansir dari AFP News, Paus Fransiskus dengan nama lengkap Jorge Mario Bergoglio lahir di Buenos Aires, Argentina 17 December 1936, ia lahir dari keluarga imigran dari Italia dari pasangan Mario Jose Bergoglio dan Regina Maria Sivori.

Paus Fransiskus menjadi sosok Paus pertama yang bukan dari Eropa. Pria kelahiran Argentina itu terpilih menjadi Paus katolik ke-266 dalam Konklaf Kepausan pada 13 Maret 2013 menggantikan Paus Benediktus VI yang sebelumnya mengundur diri.

Ia menempuh pendidikannya di bidang Filsafat di Fakultas Filsafat dan Teologi San Miguel di Buenos Aires, Argentina dan Institut Teologi dan Filsafat Milltown di Dublin dan Irlandia serta Sekolah pascasarjana Filsafat dan Teologi Sankt Georgen di Frankfurt, Jerman.

Jorge Mario Bergoglio atau Paus Fransiskus kemudian terjun di dunia akademis dengan mengajar di beberapa perguruan tinggi di Buenos Aires, Argentina.

Pada 1992 ia dipercaya untuk menjadi Uskup Pembantu Buenos Aires, Argentina dan kemudian ditahbiskan sebagai Kardinal pada 2001, sejak saat itu ia sudah dikenal sebagai sosok yang rendah hati.

Jorge Mario Bergoglio lebih memilih bepergian dengan transportasi umum atau berjalan kaki.

Hingga pada akhirnya pada Februari 2013, ia terpilih menjadi Paus Fransiskus menggantikan Paus Benediktus XVI yang mengundurkan diri dengan alasan usia tua dan masalah kesehatan.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya