Jokowi Sebut Kunjungan Paus Fransiskus ke Indonesia Momen Bersejarah

Presiden Jokowi
Sumber :
  • Tangkapan layar

Jakarta, VIVA - Presiden RI Joko Widodo (Jokowi) menyebut kunjungan Pemimpin Tertinggi Gereja Katolik Dunia Paus Fransiskus ke Indonesia adalah momen bersejarah

Istana Tegaskan Presiden Jokowi Tak Cawe-cawe soal Terpilihnya Anindya Bakrie jadi Ketua Kadin

Diketahui, Paus Fransiskus melakukan perjalanan apostolik dan kunjungan kenegaraan ke Indonesia pada 3 September hingga 6 September 2024. 

"Sebentar lagi Yang Teramat Mulia Paus Fransiskus akan tiba di Jakarta. Kunjungan ini adalah kunjungan yang sangat bersejarah," kata Jokowi dalam keterangannya di Istana Merdeka Jakarta, Selasa, 3 Setember 2024.

Apresiasi 10 Tahun Jokowi, Masyarakat Dukung dan Sambut Prabowo dengan Harapan Baru

Kepala Negara mengatakan, kunjungan Paus Fransiskus ke Indonesia sebenarnya sudah direncanakan sejak beberapa tahun lalu. Namun, kunjungan tersebut tertunda karena pandemi Covid-19. 

"Sudah direncanakan beberapa tahun lalu tetapi tertunda karena pandemi Covid-19," ujarnya,

Soal Pertemuan Megawati-Prabowo, Pengamat: Lebih Besar Mudarat daripada Manfaatnya

Pesawat Paus Fransiskus (Doc: Livestream KWI)

Photo :
  • VIVA.co.id/Natania Longdong

Dikatakan Jokowi, kunjungan Paus Fransiskus ke Indonesia adalah kali ketiga pemimpin Gereja Katolik Dunia mengunjungi Indonesia. Sebelummya, Paus Paulus VI pada 1970 dan Paus Yohanes Paulus II pada 1989. 

"Merupakan kunjungan ketiga setelah kunjungan Yang Teramat Mulia Paus Paulus VI pada 1970, dan kunjungan Yang Teramat Mulia Paus Yohannes Paulus II tahun 1989," kata Jokowi.

Adapun Jokowi pada hari ini sudah menggelar rapat di Istana Merdeka, Jakarta. Rapat tersebut dihadiri Menteri Luar Negeri (Menlu) Retno Marsudi, Menteri Agama (Menag) Yaqut Cholil Qoumas dan Uskup Agung Jakarta Ignatius Suharyo Hardjoatmodjo. Agenda rapat untuk memastikan persiapan kedatangan Paus Fransiskus.

Kepala Negara Takhta Suci Vatikan tiba di Indonesia melalui Bandara Internasional Soekarno-Hatta di Tangerang, Banten sekitar pukul 11.30 WIB. Jokowi dalam kesempatan itu menyambut hangat dan berterima kasih atas kunjungan Paus Fransiskus ke Indonesia.

"Saya atas nama rakyat Indonesia menyambut hangat dan terima kasih atas kunjungan Yang Teramat Mulia Paus Fransiskus ke Indonesia. Selamat datang Yang Teramat Mulia Sri Paus Fransiskus ke Indonesia, terima kasih," imbuhnya.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya