Dekan FK Undip dr. Yan Wisnu Diberhentikan dari RSUP Kariadi Terkait Kasus Kematian Dokter Aulia

Dokter Aulia, peserta PPDS Undip dimakamkan di TPU Mbah Panggung, Kota Tegal, Jawa Tengah
Sumber :
  • Tri Handoko

Semarang, VIVA – Kementerian Kesehatan (Kemenkes) telah memberhentikan sementara aktivitas klinis dr. Yan Wisnu, Dekan Fakultas Kedokteran Universitas Diponegoro (Undip), di RSUP Kariadi. Keputusan ini terkait dengan dugaan kasus bullying terhadap peserta pendidikan dokter spesialis (PPDS) anestesiologi di rumah sakit tersebut.

5 Fakta Kematian Dokter Aulia, Pengakuan Dekan FK Undip: Pemerasan hingga Beban Kerja

Surat pemberhentian tersebut, dengan nomor KP.04.06/D.X/7465/2024, dikeluarkan berdasarkan surat Direktur Jenderal Pelayanan Kesehatan nomor TK.02.02/D/44137/2024 tanggal 14 Agustus 2024. Surat itu menyebutkan bahwa dr. Yan Wisnu diberhentikan sementara dari aktivitas klinis untuk menghindari konflik kepentingan selama proses penyelidikan kasus perundungan berlangsung.

Rumah Sakit dr Kariadi Semarang

Photo :
  • Google Earth
Undip dan RS Kariadi Akui Ada Praktik Perundungan di Pelatihan PPDS

Surat pemberhentian tersebut ditandatangani oleh Direktur Utama RSUP Kariadi, dr. Agus Akhmadi. Menanggapi keputusan ini, dr. Yan Wisnu berharap tidak ada gangguan dalam pelayanan kesehatan pasca-pemberhentian tersebut.

"Saya sudah berpraktik di RSUP Kariadi selama 16 tahun. Mengenai prosedur pemberhentian ini, lebih baik ditanyakan kepada pihak RSUP Kariadi. Yang jelas, saya berharap hak pembelajaran mahasiswa dan hak pasien tetap terjaga," kata dr. Yan Wisnu saat ditemui di Fakultas Kedokteran Undip, Semarang, Senin (2/9/2024).

Dekan FK Undip Akui Ada Tradisi Senioritas di RSUP Kariadi: Bayar Iuran hingga Rp40 Juta

Selain berpraktik sebagai dokter bedah konsultan kanker, dr. Yan Wisnu juga merupakan dosen untuk pendidikan dokter, dokter spesialis, dan dokter subspesialis di rumah sakit tersebut. Ia merawat lebih dari 300 pasien kanker setiap minggu.

"Saya berharap pemberhentian sementara ini tidak berdampak pada kualitas pembelajaran mahasiswa dan pelayanan pasien. RSUP Kariadi pasti memiliki mekanisme untuk memastikan semua hak tetap terpenuhi," tambah dr. Yan Wisnu. (Didiet Cordiaz/Semarang)

Dokter Aulia, peserta PPDS Undip dimakamkan di TPU Mbah Panggung, Kota Tegal, Jawa Tengah

Kematian Dokter Aulia PPDS FK Undip, Polisi Periksa 34 Saksi Termasuk Ketua Angkatan

Polda Jateng Intensifkan Penyelidikan Kasus Dugaan Perundungan di PPDS Undip: 34 Saksi Diperiksa.

img_title
VIVA.co.id
18 September 2024