Fasilitas VIP Keimigrasian Disiapkan Sambut Paus Fransiskus di Imigrasi Bandara Soekarno Hatta

Kepala Imigrasi Soekarno-Hatta, Subki Miuldi
Sumber :
  • VIVA.co.id/Sherly (Tangerang)

Tangerang, VIVA - Pemimpin Umat Katolik, Paus Fransiskus, dijadwalkan tiba di Indonesia melalui Bandara Internasional Soekarno-Hatta, Tangerang, Selasa, 3 September 2024. Kedatangannya dalam agenda kenegaraan ini, akan disambut dengan fasilitas jalur VIP pemeriksaan keimigrasian oleh Kantor Imigrasi Kelas I Khusus TPI Soekarno-Hatta.

Di mana, layanan VIP tersebut juga diberikan kepada pejabat dinas dan diplomatik yang mendampingi Paus dalam kunjungan apostoliknya.

Kepala Kantor Imigrasi Kelas I Khusus TPI Soekarno-Hatta, Subki Miuldi mengatakan, bahwa pihaknya juga menerjunkan tim pengawasan keimigrasian di sejumlah titik strategis di bandara. Itu dilakukan untuk memastikan keamanan dan kelancaran proses pemeriksaan keimigrasian.

"Persiapan ini dilakukan untuk menjamin kunjungan Paus Fransiskus berjalan lancar dan aman, mengingat tingginya antusiasme masyarakat dalam menyambut kedatangan beliau," katanya, Senin, 2 September 2024.

Fasilitas keimigrasian di terminal VIP Bandara Soekarno Hatta ini diharapkan dapat mempercepat proses pemeriksaan, di tengah padatnya aktivitas internasional di Bandara Internasional Soekarno-Hatta. Yang mana, layanan VIP ini bukanlah yang pertama kali diberikan, sebelumnya fasilitas serupa pernah diberikan saat perhelatan KTT G20 dan KTT ASEAN.

Kunjungi Singapura, Paus Fransiskus Serukan Gaji Layak untuk Para Pekerja Migran

Kemudian, selain memastikan kelancaran proses keimigrasian, pihaknya juga berkoordinasi dengan instansi terkait untuk menjamin keamanan selama kunjungan Paus Fransiskus.

"Tim pengawasan akan bekerja sama dengan otoritas bandara dan aparat keamanan Komunitas Bandara Soeakrno-Hatta (Kombata) untuk menjaga kelancaran kegiatan di Bandara Soekarno-Hatta selama proses kedatangan," ujarnya.

Ia berharap, fasilitas keimigrasian yang disediakan dapat mendukung kelancaran kunjungan apostolik dari Tahta Suci Vatikan, serta pelaksanaan misa akbar yang akan diselenggarakan di Gelora Bung Karno, Jakarta.

Sementara itu, Sebanyak 270 personel keamanan telah ditugaskan untuk menjaga keamanan dan ketertiban dalam ketibaan Y.M. Paus Fransisku di Bandara Soekarno-Hatta, Tangerang.

Ratusan personel itu terdiri dari berbagai unsur, termasuk Aviation Security Bandara Soekarno-Hatta, BKO TNI, Polda Metro (Polres Bandara Soekarno-Hatta), Paspampres, Kodam Jaya (Kodim 0506 Tangerang), dan petugas keamanan lainnya yang terlibat.

Momen Kunjungan Paus Fransiskus Makin Sempurna dengan Bantuan Teknologi AR
Direktur Utama Garuda Indonesia, Irfan Setiaputra

Jadi Jaminan Keamanan Penerbangan Paus Fransiskus ke Papua Nugini, Dirut Garuda: Ada Obrolan Rahasia

Dirut maskapai Garuda, Irfan Setiaputra ditugaskan untuk menjadi orang yang bertanggung jawab selama penerbangan Paus Fransiskus ke Papua, ia bilang ada obrolan rahasia

img_title
VIVA.co.id
13 September 2024