Momen Kirab Pengembalian Bendera Pusaka dan Naskah Proklamasi ke Monas Jakarta

Iring-iringan drumband bawa kirab bendera pusaka merah putih-naskah proklamasi
Sumber :
  • ANTARA/Mentari Dwi Gayati

Jakarta, VIVA – Rombongan kirab pengembalian duplikat bendera pusaka merah putih dan naskah teks Proklamasi tiba di Monumen Nasional (Monas), Jakarta, Sabtu, sekitar pukul 16.15 dengan iring-iringan drumband TNI-Polri dan pasukan berkuda.

Jokowi Minta Menteri Dukung Program Prabowo: Jika Perlu Regulasi Baru, Segera Dibuat

Bendera pusaka dan naskah Proklamasi tiba di kawasan Monas, Jakarta, setelah dibawa dari Ibu Kota Nusantara, Kalimantan Timur untuk dikembalikan di ruang penyimpanan di cawan Monas.

Kedua benda pusaka itu dibawa menggunakan mobil taktis Maung, kendaraan yang sama saat kedua benda pusaka itu dikirab dari Monas menuju Bandara Halim Perdanakusuma untuk kemudian dibawa ke IKN pada 10 Agustus lalu.

Jokowi Minta Maaf di Sidang Kabinet Terakhir: Terima Kasih Atas Dedikasi yang Diberikan

Duplikat bendera pusaka merah putih dan naskah teks proklamasi tiba di Bandara H

Photo :
  • ANTARA/Mentari Dwi Gayati

Kembalinya bendera pusaka dan naskah Proklamasi ke Monas ini dilakukan dalam rangkaian acara bulan Kemerdekaan untuk memperingati HUT Ke-79 RI.

Jokowi di Sidang Kabinet IKN: Jangan Ada 'Riak-Riak' Sampai Pemerintahan Baru Terbentuk

Selain itu, sesuai amanat Pasal 5 Undang-Undang 24 tahun 2009 tentang Bendera, Bahasa dan Lambang Negara serta Lagu Kebangsaan, bendera pusaka disimpan dan dipelihara di Monumen Nasional Jakarta.

Berdasarkan pantauan di Monumen Nasional, sejumlah anggota Paskibra telah berdiri di sepanjang jalan masuk kirab, yakni melalui Pintu Gambir Monas menuju cawan Monas. Kemudian, belasan pasang abang none Jakarta juga telah menanti di pintu masuk menuju area cawan Monas. Iring-iringan kirab dimeriahkan pula dengan atraksi dan penampilan drumband tiga matra TNI.

Masyarakat pun telah menantikan ketibaan kirab bendera Merah Putih dan Naskah Proklamasi dari Bandara Halim Perdanakusuma sejak pukul 15.00 WIB. (Ant)

Presiden RI Joko Widodo (kanan) dan Menteri Pertahanan sekaligus Presiden RI terpilih periode 2024-2029 Prabowo Subianto (kiri) di sidang kabinet perdana di IKN (sumber: Tim Media Prabowo)

Jokowi Minta Para Menteri Tuntaskan Pekerjaan Jelang Lengser 20 Oktober 

Pesiden Joko Widodo (Jokowi) meminta jajaran menterinya untuk segera menuntaskan program-program kerja utama menjelang berakhir masa pemerintahan pada 20 Oktober 2024.

img_title
VIVA.co.id
13 September 2024