Anies Baswedan Buka Peluang Buat Ormas atau Partai Politik Baru

Mantan Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan
Sumber :
  • Youtube Anies Baswedan

Jakarta, VIVA – Setelah dipastikan tidak akan ikut dalam Pilkada Jakarta 2024 menyusul keputusan PDI Perjuangan (PDIP) yang mengusung Pramono Anung dan Rano Karno sebagai calon gubernur dan calon wakil gubernur, Anies Baswedan menyatakan komitmennya untuk tetap berada di sisi warga Jakarta.

RK Ingin Bertemu Anies: Tak Melulu untuk Minta Dukungan

Akan tetapi, Anies menegaskan bahwa ia akan memperjuangkan isu-isu sosial dan ketimpangan Jakarta melalui cara lain, bukan dengan Pilkada.

Dorongan dari masyarakat agar Anies terlibat lebih jauh di dunia politik semakin kuat. Menurut Anies, banyak pihak yang menyarankan agar mantan Gubernur DKI Jakarta ini bergabung dengan partai politik.

Pramono Anung Soroti Jalur Sepeda Era Anies: Gak Berjalan dengan Baik, Setengah Hati

Namun, Anies dengan tegas menolak untuk masuk ke partai politik. Ia beralasan bahwa tidak ada satu pun partai politik yang tidak tersandera oleh kekuasaan, sehingga sulit untuk bergerak bebas demi kepentingan rakyat.

“Ada yang usul saya masuk partai atau buat partai baru, kalau masuk partai, pertanyaannya ‘partai mana yang sekarang tidak tersandera oleh kekuasaan?’. Jangankan dimasuki (partai), mencalonkan saja terancam. Agak berisiko bagi yang mengusulkan,” kata Anies dilansir dari Youtube Anies Baswedan pada Jumat, 30 Agustus 2024.

Suswono Klaim Siap Lanjutkan Program Anies di Jakarta: Karena PKS Ikut Waktu Menyusun

Meski demikian, Anies tidak menutup kemungkinan untuk membentuk organisasi massa (ormas) atau bahkan partai politik baru jika semangat perubahan dari masyarakat semakin besar.

“Kita lihat kedepannya, apakah lalu akan buat partai politik baru? Bila untuk mengumpulkan semangat perubahan yang sekarang makin hari makin terasa besar dan itu menjadi sebuah kegiatan, diperlukan menjadi gerakan, maka membangun ormas atau membangun partai baru mungkin itu jalan yang kami tempuh,” ungkapnya.

Anies Baswedan menyampaikan keterangan usai gagal mencalonkan di Pilkada 2024

Photo :
  • Youtube Anies Baswedan

Anies berharap rencana untuk mewujudkan langkah signifikan dengan ormas atau partai politik baru bisa segera terealisasi demi kepentingan warga Jakarta dan Indonesia secara keseluruhan.

“Kita lihat sama-sama ke depan, semoga tidak terlalu lama lagi, kita bisa wujudkan langkah-langkah konkrit untuk bisa mewadahi gerakan yang sekarang ini, makin hari makin membesar,” kata Anies.

Dalam video yang sama, Anies menutup pernyataannya dengan menegaskan bahwa jika nantinya ormas atau partai politik baru tersebut benar-benar terbentuk, fokus utamanya adalah menciptakan gerakan yang mengedepankan Indonesia yang lebih setara, demokrasi yang lebih sehat, serta politik yang mengutamakan kebijakan dan gagasan.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya