Pilkada Garut Diikuti Dua Paslon, Helmi-Yudi vs Syakur-Putri Borong Partai

Pasangan calon Helmi Budiman-Yudi Nugraha usai mendaftar di KPUD Garut
Sumber :
  • VIVA.co.id/Diki Hidayat (Garut)

Garut, VIVA – Hingga akhir batas pendaftaran pasangan Bakal Calon Kepala Daerah (bupati dan wakil bupati) Kabupaten Garut Jawa Barat, Kamis 29 Agustus 2024 hanya dua pasangan yang mendaftar. Pasangan bakal calon kepala daerah Helmi Budiman dan Yudi Nugraha Lasminingrat mendaftar Rabu 27 Agustus 2024, sementara pasangan Abdusy Syakur Amin dan Luthfianisa Putri Karlina. 

Pramono Anung-Rano Karno Bakal Temui Ahok Lalu SBY Besok

Hingga Kamis 29 Agustus 2024 kemarin belum ada konfirmasi dari pasangan lain yang akan mendaftar, namun dipastikan KPUD Garut sudah menerima dua berkas administrasi syarat pendaftaran pasangan kepala daerah. 

"Hingga kemarin tidak ada lagi yang konfirmasi kepada Kita (KPU) akan ada yang mendaftar lagi atau tidak, dua pasangan calon yang sudah masuk berkas akan kita verifikasi kelengkapannya," ujar Ketua KPUD Garut Dian Hasanudin, Jumat, 30 Agustus 2024. 

Ridwan Kamil soal Pengumuman Timses: Mudah-mudahan, Mungkin Paling Telat Besok

drg. Luthfianisa Putri Karlina balon bupati Garut, putri dari Kapolda Metro Jaya

Photo :
  • VIVA.co.id/Diki Hidayat (Garut)

Sementara pasangan calon (Paslon) Bupati dan Wakil Bupati, Helmi-Yudi diusung dua partai parlemen (PKS dan PPP) serta dua partai non Parlemen (PSI dan Perindo). Untuk pasangan Syakur-Putri didukung tujuh partai parlemen (Golkar, Gerindra, Demokrat, PKB, PDI Perjuangan, PAN, Nasdem) dan 5 partai non parlemen di antaranya Partai Gelora, Partai Buruh, Partai Ummat, Hanura, dan Partai Bulan Bintang.

Partai Besutan Amien Rais Partai Ummat Dukung Pramono-Rano di Pilgub Jakarta

Helmi Budiman merupakan Ketua DPD PKS Kabupaten Garut yang juga merupakan mantan wakil bupati Garut selama dua periode mendampingi mantan bupati Garut Rudy Gunawan. Calon wakilnya Yudi Nugraha Lasminingrat merupakan sosok pengusaha muda mantan ketua Gapensi dan KADIN, dia juga dikenal sebagai juragan batu akik Garut yang kini menjabat Ketua DPC PPP Kabupaten Garut.

Adapun Abdusy Syakur Amin merupakan tokoh akademisi dia sebagai rektor Universitas Garut dan menjabat ketua KONI Kabupaten Garut. Sementara pendatang baru Luthfianisa Putri Karlina dikenal sebagai pengusaha kuliner dan anak dari Kapolda Metro Jaya, Irjen Karyoto.

Sementara menanggapi ketimpangan jumlah dukungan partai politik dalam Pilkada Garut, calon wakil bupati Garut Yudi Nugraha Lasminingrat mengaku dirinya sudah siap. Helmi-Yudi hanya didukung oleh empat partai, adapun Syakur-Putri diusung 12 partai politik.

"Berat sebenarnya namun saya dan pak Helmi sudah siap, Bismillah" katanya singkat.

Bakal calon gubernur Jakarta Ridwan Kamil

Ridwan Kamil Klaim Banyak Pihak Ingin Bergabung Timsesnya

Bakal calon gubernur Jakarta Ridwan Kamil (RK) mengungkapkan bahwa pengumuman susunan tim suksesnya mengalami penundaan.

img_title
VIVA.co.id
18 September 2024