Kemajuan Ekonomi Indonesia di Era Kepemimpinan Presiden Jokowi

Presiden Jokowi saat menyambut Paus Fransiskus di Istana Negara
Sumber :
  • Youtube Setpres

Jakarta,VIVA –  Selama masa kepemimpinan Presiden Joko Widodo (Jokowi), ekonomi Indonesia telah mengalami transformasi signifikan yang mempengaruhi berbagai aspek kehidupan masyarakat di seluruh nusantara.

Soal Pertemuan Megawati-Prabowo, Pengamat: Lebih Besar Mudarat daripada Manfaatnya

Diketahui bersama, Pemerintah di bawah kepemimpinan Presiden Jokowi terus berupaya meningkatkan kesejahteraan seluruh masyarakat Indonesia.

Deputi Bidang Koordinasi Peningkatan Kualitas Kesejahteraan Sosial Kemenko PMK, Nunung Nuryartono, menyampaikan bahwa pekerjaan besar yang dilakukan pemerintah kepada masyarakat dalam meningkatkan kesejahteraan sosial adalah dalam upaya menangani kemiskinan dan mengentaskan kemiskinan ekstrem.

Jokowi Aims for Balikpapan-IKN Toll Road Completion by Mid-2025

Menurutnya, pemerintahan Jokowi serius dalam mempercepat penanganan kemiskinan ekstrem, dengan terbitnya Instruksi Presiden (Inpres) Nomor 4 Tahun 2022 tentang Percepatan Penghapusan Kemiskinan Ekstrem.

Anindya Bakrie Terpilih Jadi Ketum Kadin, Ini Harapan Daerah

Sebelumnya, Menteri Keuangan (Menkeu) Sri Mulyani Indrawati mengatakan, ekonomi Indonesia mengalami pertumbuhan yang relatif stabil dan cukup tinggi untuk level rata-rata global meski terus berhadapan dengan dinamika dan volatilitas dimana inflasi tinggi secara global.

“Kita tetap bisa menjaga momentum pertumbuhan dalam pergolakan dan situasi di mana dinamika ekonomi global luar biasa tinggi,” ujar Menkeu.

Menurut Menkeu, pertumbuhan ekonomi yang tinggi ini turut menyebabkan perbaikan dari indeks pembangunan Indonesia. Kemiskinan kembali menurun di bawah pre pandemi level setelah sebelumnya meningkat akibat terjadinya pandemi.

Presiden Jokowi saat meninjau Pasar Soponyono, Surabaya

Photo :
  • Youtube Setpres

“Kemiskinan menurun kembali sesudah mengalami kenaikan akibat terjadinya pandemi yang tadinya sudah single digit di 9,4% tahun 2019, melonjak lagi di 10,14%, tapi kemudian sekarang kita sudah turun di bawah prepandemi. Jadi sudah 9,03% di bawah 2019. Demikian juga dengan kemiskinan ekstrim Indonesia kita lihat juga terus mengalami penurunan mendekati 0 sesuai target Pemerintah untuk 2024 bisa menghilangkan kemiskinan ekstrim di Indonesia,” jelas Menkeu.

Di bawah kepemimpinan Presiden Jokowi, Indonesia telah berhasil mempertahankan tingkat pertumbuhan ekonomi yang stabil, meskipun menghadapi tantangan global. Meskipun tantangan masih ada, pencapaian ini memberikan dasar yang kuat untuk masa depan ekonomi Indonesia yang lebih inklusif dan berkelanjutan.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya