70 Petugas Pengamanan Jokowi Keracunan Massal Usai Sarapan Nasi Kuning di Tasikmalaya

70 Petugas Pengamanan Jokowi Keracunan Usai Sarapan Nasi Kuning di Tasikmalaya
Sumber :
  • Denden Ahdani

Tasikmalaya, VIVA – Puluhan personel dari TNI, Polri, BPBD, Damkar, dan Satpol PP mengalami keracunan massal setelah diduga mengonsumsi nasi kuning saat acara gladi bersih untuk pengamanan kunjungan Presiden Joko Widodo di Tasikmalaya, Rabu, 28 Agustus 2024. Presiden Jokowi dijadwalkan meresmikan Bendungan Leuwikeris di Kecamatan Cineam, Kabupaten Tasikmalaya, pada Kamis, 29 Agustus 2024.

Penjelasan Istana Soal Petugas Diduga Keracunan Saat Kawal Kunjungan Jokowi di Tasikmalaya

Menurut informasi, keracunan terjadi setelah sarapan pagi yang terdiri dari nasi kuning, tempe goreng, perkedel, timun, dan telur rebus. Beberapa jam setelah sarapan, banyak personel mulai merasakan gejala seperti mual, muntah, diare, dan pusing secara bersamaan.

70 Petugas Pengamanan Jokowi Keracunan Massal Usai Sarapan Nasi Kuning

Photo :
  • Denden Ahdani
5 Pelajar SMP di Bogor Alami Keracunan Usai Santap Nasi Kuning di Kantin Sekolah

Dedi Hermawan, petugas BPBD Kabupaten Tasikmalaya, mengatakan bahwa setelah sarapan, ia melihat banyak rekan yang mual dan kemudian ambruk saat berkumpul untuk koordinasi sekitar pukul 11.30 WIB. "Setelah makan jam 10.00 WIB, tiba-tiba banyak yang mual dan ambruk saat berkumpul," ujarnya.

Menurut Dedi, total korban mencapai sekitar 70 orang dari berbagai instansi. Kepala Puskesmas Manonjaya, Mia Shofia, mengonfirmasi bahwa 54 orang dirawat di puskesmas, sementara tujuh orang dirujuk ke rumah sakit. Hingga sore, 11 orang masih dirawat di puskesmas.

Kena Usus Buntu Sampai Dioperasi, Ria Ricis Ngaku Kapok Jajan Sembarangan

"Gejala yang dirasakan termasuk mual, muntah, diare, dan pusing. Beberapa korban dengan penyakit bawaan dirujuk ke rumah sakit," jelas Mia. (Denden Ahdani/Tasikmalaya)

Puluhan Pelajar Dirawat Akibat Keracunan

Puluhan Pelajar SMP di Kabupaten Pasaman Keracunan Makanan

Puluhan pelajar itu diduga keracunan usai menyantap hidangan sarapan pagi dan cemilan. Hingga kini, para korban masih dalam perawatan medis dengan keluhan muntah-muntah.

img_title
VIVA.co.id
7 September 2024