Persiapan Polri Dalam Amankan Kunjungan Paus Fransiskus ke Indonesia

Pemimpin Gereja Katolik Paus Fransiskus di Natal 2023
Sumber :
  • AP Photo/Gregorio Borgia

Jakarta, VIVA -- Polri menggelar latihan pra Operasi Tribrata Jaya 2024, dalam rangka pengamanan kunjungan Paus Fransiskus dan Internasional Sustainability Forum (ISF) tahun 2024.

Tak Perlu Operasi, Penyakit Tulang Belakang Bisa Diatasi dengan Perawatan Non Bedah

Kepala Operasi Tribrata Jaya 2024, Komisaris Jenderal Polisi Imam Widodo mengatakan, latihan pra Operasi Tribrata Jaya 2024 dilakukan guna menyamakan pola pikir dan pola tindak. Kemudian juga untuk meningkatkan kemampuan dan keterampilan personel Polri yang bertugas.

"Latihan pra operasi pengamanan ini sangat penting untuk memberikan pemahaman terkait dengan SOP dan cara bertindak di lapangan. Oleh karena itu saya ingin seluruh peserta pelatihan dapat mengikuti kegiatan ini secara serius sehingga memahami dan mempedomani arahan dan atensi dari instruktur ataupun pimpinan," ujarnya, Rabu, 28 Agustus 2024.

Polri Bentuk Satgas Usut Pengelolaan Keuangan PON XXI

Paus Fransiskus melakukan perjalanan ke pulau Lampedusa di Italia selatan.

Photo :
  • AP Photo/Alessandra Tarantino.

Pria yang menjabat Dankorbrimob Polri itu menyebutkan, beberapa hal yang dibahas dalam latihan pra Operasi Tribrata Jaya 2024 mulai dari deteksi dini, pencegahan dini, hingga perkiraan kerawanan jelang dan selama operasi. "Lalu ada juga peraturan penjagaan, pengawalan, patroli rekayasa lalu lintas dan pengendalian arus lalu lintas," katanya.

Jadi Jaminan Keamanan Penerbangan Paus Fransiskus ke Papua Nugini, Dirut Garuda: Ada Obrolan Rahasia

Dia menambahkan juga dilakukan latihan pengamanan hotel venue, tempat rekreasi, tempat hiburan dan pengamanan objek vital. Kemudian ada pula penyelidikan dan penyidikan terhadap ancaman gangguan kamtibmas sebelum dan selama operasi.

"Dibahas juga taktis dan teknis penanganan awal terhadap bahan peledak dan penanggulangan terorisme dalam rangka Operasi Tribrata Jaya 2024," ujarnya.

Lebih lanjut, dia mengatakan, melihat dinamika perkembangan lingkungan strategis global, regional dan nasional bakal mempengaruhi pelaksanaan kegiatan kunjungan Paus Fransiskus dan kegiatan International Sustainability Forum (ISF) tahun 2024. Seperti isu-isu nasional yang bisa jadi ancaman pengamanan, antara lain kejahatan konvensional, kejahatan transnasional, sampai dengan isu-isu terorisme.

"Oleh karena itu, peran Polri sangat penting sebagai salah satu lini depan dalam mengawal dan mengamankan rangkaian kegiatan kunjungan Paus Fransiskus dan kegiatan International Sustainability Forum (ISF) tahun 2024 untuk menjamin keamanan, keselamatan dan kenyamanan kepada para kepala negara/delegasi yang akan hadir dengan mengedepankan kegiatan preemtif dan preventif didukung dengan penegakan hukum, siber, interpol dan kehumasan dalam rangka pemeliharaan kamtibmas," katanya.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya