Bea Cukai Ketapang Tingkatkan Pengawasan untuk Kelancaran Ekspor CPO

Ilustrasi Bea Cukai
Sumber :
  • Istimewa

Ketapang, VIVA – Bea Cukai Ketapang memastikan kelancaran dan kepatuhan dalam proses ekspor komoditas crude palm oil (CPO). Caranya yakni dengan melakukan pengawasan ketat terhadap ekspor sebanyak 3.998 metrik ton milik PT Andes Agro Investama pada Jumat, 23 Agustus 2024.

Jamin Transparansi, Bea Cukai Malang Musnahkan Barang Hasil Penindakan

Dalam rangka memverifikasi kesesuaian ekspor dengan peraturan yang berlaku, Bea Cukai Ketapang melaksanakan dua tahap pemeriksaan awal. "Uji laboratorium untuk memastikan kesesuaian jenis barang dengan pemberitahuan, kemudian untuk mengetahui jumlah barang, akan dilakukan pemeriksaan dengan teknik sounding," kata Subhan Khaeri, Kepala Seksi Kepatuhan Internal dan Penyuluhan Bea Cukai Ketapang.

CPO, atau minyak kelapa sawit mentah, merupakan salah satu komoditas ekspor unggulan Indonesia yang memiliki peran signifikan dalam berbagai industri global, termasuk makanan, energi, dan kosmetik. "Contoh produknya seperti minyak goreng dan margarin, produk makanan olahan, kosmetik, produk perawatan rambut dan kulit, hingga bahan bakar nabati (biodiesel)," ujar Subhan.

Safety Jacket dari Kota Bunga Laris di Negeri Singa

Subhan juga menekankan pentingnya pengawasan dan pelayanan ekspor dalam tugas Bea Cukai sebagai community protector dan industrial assistance. "Pengawasan dan pelayanan ekspor merupakan salah satu bentuk implementasi tugas Bea Cukai dalam community protector dan industrial assistance. Semoga hal ini dapat lebih baik ke depannya," katanya.

Tembus Pasar Amerika, BUMD Bersama Singosari Ekspor Komoditas Anggrek Senilai Ratusan Juta Rupiah
Bea Cukai beri izin fasilitas kawasan berikat

Produsen Strip Steel Memperoleh Izin Kawasan Berikat dari Bea Cukai

Kawasan berikat merupakan fasilitas dari pemerintah dalam rangka optimalisasi potensi industri dalam negeri untuk kegiatan ekspor dan impor.

img_title
VIVA.co.id
17 September 2024