Jokowi Teken Perpres tentang Jabatan Astamaops-Astamarena Diisi Jenderal Bintang 3 Polri

Presiden RI Joko Widodo (Jokowi) dan Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo di acara upacara peringatan HUT Bhayangkara ke-78 di Monas, Jakarta Pusat, Senin, 1 Juli 2024
Sumber :
  • VIVA.co.id/Yeni Lestari

Jakarta, VIVA - Presiden Joko Widodo (Jokowi) telah menandatangani Peraturan Presiden (Perpres) Nomor 90 Tahun 2024 tentang Susunan Organisasi dan Tata Kerja Kepolisian Negara Republik Indonesia, sebagai perubahan dari Perpres Nomor 52 Tahun 2010.

Jokowi Singgung Pembentukan Angkatan Siber Matra Keempat TNI, Berharap Dilanjutkan Prabowo

Dalam salinan Perpres 90/2024 itu, terdapat perubahan pada empat pasal di beleid terbaru itu. Antara lain Pasal 4 huruf (b) angka 2 dan angka 3, Pasal 8, Pasal 9, dan Pasal 54 pada Ayat (1) dan (2).

Perubahan Pasal 4 pada nomor dua dan tiga, yaitu perubahan nama 'Asisten Utama Kapolri Bidang Operasi (Astamaops)' dan 'Asisten Utama Kapolri Bidang Perencanaan Umum dan Anggaran (Astamarena)'.

Jokowi Minta Maaf ke Jajaran TNI-Polri, 10 Tahun Pimpin Indonesia Masih Ada yang Kurang

Pertemuan Presiden Jokowi dan Kapolri, Kapolda dan Kapolres

Photo :
  • Sekretariat Presiden

Di Perpres sebelumnya, tidak ada kalimat 'utama' dalam jabatan tersebut, dan hanya tertulis 'Asisten Kapolri bidang Operasi (Asops)' dan 'Asisten Kapolri Bidang Perencanaan Umum dan Anggaran (Asrena)'.

Jokowi Minta TNI-Polri Jadi Pelindung bagi Korban Kekerasan

Adapun, tugas dan fungsi dua jabatan itu tertuang dalam Pasal 8 dan Pasal 9 yang juga diubah, dengan bunyi sebagai berikut:

Pasal 8

(1) Asisten Utama Kapolri Bidang Operasi disingkat Astamaops Kapolri merupakan unsur pembantu pimpinan dalam bidang manajemen operasi kepolisian yang berada di bawah Kapolri.

(2) Astamaops Kapolri sebagaimana dimaksud pada Ayat (1) bertugas membantu Kapolri dalam bidang perencanaan, pengorganisasian, pelaksanaan, dan pengendalian operasi kepolisian, termasuk pelaksanaan kerja sama kementerian/lembaga serta menindaklanjuti pengawasan dan pengendalian terhadap pelaksanaan program khusus Pemerintah yang berkaitan dengan Polri.

(3) Astamaops Kapolri dipimpin oleh Asisten Utama Kapolri Bidang Operasi disingkat Astamaops Kapolri yang bertanggung jawab kepada Kapolri.

(4) Astamaops Kapolri dibantu oleh seorang Wakil Astamaops Kapolri disingkat Waastamaops Kapolri.

(5) Astamaops Kapolri terdiri dari paling banyak 5 (lima) biro.

Sementara ketentuan Pasal 9 diubah sehingga berbunyi sebagai berikut;

Pasal 9

(1) Asisten Utama Kapolri Bidang Perencanaan Umum dan Anggaran disingkat Astamarena Kapolri merupakan unsur pembantu pimpinan dalam bidang perencanaan umum dan anggaran yang berada di bawah Kapolri.

(2) Astamarena Kapolri sebagaimana dimaksud pada Ayat (1) bertugas membantu Kapolri dalam penyelenggaraan fungsi perencanaan umum dan anggaran, penyiapan perencanaan kebijakan teknis dan strategi Polri, pembinaan sistem organisasi dan manajemen, serta tata laksana di lingkungan Polri, serta menyelenggarakan program reformasi birokrasi Polri.

(3) Astamarena Kapolri dipimpin oleh Asisten Utama Kapolri Bidang Perencanaan Umum dan Anggaran disingkat Astamarena Kapolri yang bertanggung jawab kepada Kapolri.

(4) Astamarena Kapolri dibantu oleh seorang Wakil Astamarena Kapolri disingkat Waastamarena Kapolri.

(5) Astamarena Kapolri terdiri dari paling banyak 6 (enam) biro.

Kemudian, Pasal 54 yang berubah hanya pada Ayat (1) dan (2), yang berbunyi:

(1) Wakapolri, Irwasum, Kabaintelkam, Kabaharkam, Kabareskrim, Kalemdiklat, Dankorbrimob, Astamaops, Astamarena, As SDM, dan Aslog merupakan jabatan Eselon I.a.

(2) Wairwasum, Wakabaintelkam, Wakabareskrim, Kadivpropoffi, Kadivkum, Kadivhumas, Kadivhubinter, Kadiv TIK, Kakorlantas, Kadensus 88 AT, Kakorpolairud, Kakorsabhara, Kakorbinmas, Wakalemdiklat, Kasespim, Ketua STIK, Gubernur Akpol, Kapusdokkes, Wadankorbrimob, Waastamaops, dan Waastamarena merupakan jabatan Eselon I.b.

Dalam Pepres itu tertulis, bahwa Astamops dan Astamarena dijabat oleh pangkat Bintang 3. Sebelumnya, jabatan tersebut diisi oleh pangkat bintang dua.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya