Massa Tuntut Pembubaran Muktamar PKB dan Turunkan Cak Imin

Ribuan massa menggelar aksi yang menuntut untukembubarkan Muktamar PKB
Sumber :
  • VIVA.co.id/Maha Liarosh (Bali)

Bali, VIVA – Muktamar Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) yang diselenggarakan di Bali Nusa Dua Convention Center (BNDCC) pada Sabtu, 24 Agustus 2024 diwarnai dengan aksi kericuhan oleh ribuan gabungan massa, kader PKB dan simpatisan NU

PKB Serahkan Penuh ke Prabowo Soal Komposisi Kabinet

Massa berkumpul untuk melakukan aksi di lapangan Lagoon, Nusa Dua, Bali sejak pukul 15:00 Wita untuk menuntut pembubaran Muktamar dan menurunkan Ketua Umum PKB Muhaimin Iskandar. 

Meski awalnya terlihat kondusif, massa yang bertahan akhirnya berusaha menerobos barikade polisi dan sempat terjadi pelemparan botol dan batu ke arah aparat. Massa juga sempat melakukan pembakaran di tengah jalan. Kericuhan sempat terjadi namun berhasil diredam. 

PKB Tak Diajak Bahas Kabinet Prabowo, Gerindra: Itu Hak Prerogatif Presiden

Ribuan massa menggelar aksi yang menuntut untukembubarkan Muktamar PKB

Photo :
  • VIVA.co.id/Maha Liarosh (Bali)

Penjagaan ketat dilakukan di sepanjang jalan Pratama Raya, Nusa Dua, Bali. Petugas kepolisian Polsek Bualu dibackup oleh Polresta Denpasar.

PKB Dukung Penambahan Kementerian untuk Pemerintahan Prabowo demi Percepatan Pembangunan

Ketua koordinasi aksi dari Bali Arwan mengatakan, peserta aksi diperkirakan 1.700 orang yang datang dari Bali dan Jawa maupun simpatisan. 

"Kita akan di sini sampai tuntutan kita dikabulkan, kita akan berjuang sampai berhasil. Bagaimana kita akan pulang kalau belum berhasil?" kata Arwan. 

Menurut Arman penolakan Muktamar dilakukan lantaran Cak Imin telah melanggar amanah yang telah disampaikan oleh pendiri-pendiri PKB sebelumnya. Dikatakan Arwan, PKB didirikan sumbernya dari marwah NU.

"Ya pimpinannya Muhaimin Iskandar. Dia telah melanggar amanah yang disampaikan oleh pendiri-pendiri dari NU," jelasnya. 

Saat ini gabungan massa yang menolak pelaksanaan Muktamar PKB masih berkumpul di tengah jalan di lapangan Lagoon, Nusa Dua.

Setelah menyampaikan tuntutannya, massa yang melakukan aksi menjelang pembukaan acara Muktamar Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) telah berangsur membubarkan diri dari jalan raya di Parkir Lagoon Nusa Dua, Bali. Massa memilih berkumpul di pinggir jalan raya atau di dalam bus. Untuk itu, polisi mulai membuka arus lalu lintas yang berada di kawasan wilayah selatan Tanjung Benoa.

"Masa aksi berangsur kembali, jadi arus lalu lintas kita buka biar masyarakat pengguna jalan bisa menggunakan jalan yang berada di wilayah selatan Tanjung Benoa," kata Kapolresta Denpasar Kombes Pol. Wisnu Prabowo, SIK.,MM., di Lapangan Lagoon, Nusa Dua, Bali, Sabtu, 24 Agustus 2024 malam.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya