Gerindra Usung Ahmad Luthfi-Taj Yasin di Pilkada Jateng Usai Kaesang Tak Bisa Nyalon

Ketua Harian DPP Partai Gerindra, Sufmi Dasco Ahmad di Jalan Kertanegara IV, Jakarta Selatan, Jumat, 7 Juni 2024
Sumber :
  • VIVA.co.id/Yeni Lestari

Jakarta, VIVA – Ketua Harian DPP Partai Gerindra Sufmi Dasco Ahmad mengatakan Gerindra sepakat mengusung Ahmad Luthfi dan Taj Yasin Maimoen di Pilkada Jawa Tengah tahun 2024.

Gerindra Lombok Barat Turun Tangan Bantu Bocah 4 SD yang Rawat Ayah Pengidap Kanker

Dasco mengklaim pencalonan Ahmad Luthfi-Taj Yasin di Pilgub Jateng sudah direncanakan sebelum Mahkamah Konstitusi (MK) mengeluarkan putusan terkait batas usia pencalonan.

Pernyataan itu sekaligus menjawab peluang Ketua Umum PSI Kaesang Pangarep untuk diusung Gerindra bersama koalisi partai politik lainnya pada Pilkada 2024.

Pembangunan Tak Berjalan jika Kotak Kosong Menang, Menurut Rumah Demokrasi

"Ini jujur ya, sebelum ada keputusan judicial review MK, kita sudah berembuk untuk kemudian memasangkan di Jateng Pak Luthfi dengan Gus Yasin," kata Dasco di Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta, Jumat, 23 Agustus 2024.

Partai NasDem beri dukungan ke Ahmad Luthfi-Kaesang Pangarep di Pilgub Jateng

Photo :
  • VIVA.co.id/Zendy Pradana
Indikator Politik: Elektabilitas Pasangan Dedi Mulyadi-Erwan Setiawan Unggul di Pilgub Jabar

Dasco membantah keputusan Gerindra mengusung Taj Yasin Maimoen karena dinamika yang berkembang pasca putusan MK sehingga urung mengusung Kaesang.

"Ya itu kan ada aspirasi-aspirasi dari beberapa usulan, tapi keputusannya bukan karena ini, keputusannya memang sudah dari seminggu lebih yang lalu kita putuskan Pak Luthfi-Yasin," katanya.

Di sisi lain, dia tak menampik sempat beredarnya nama Kaesang yang disebut-sebut akan diusung pihaknya pada Pilkada 2024 merupakan sebuah aspirasi yang diterima oleh Gerindra. "Ya memang, kan memang ada aspirasi, tapi sudah diputuskan itu," ucapnya.

Lagipula, pihaknya tak mengusung Kaesang karena putra bungsu Presiden Joko Widodo itu sedang di luar negeri sehingga tidak mengikuti tahapan pendaftaran calon kepala daerah yang dibuka KPU mulai 27 Agustus.

"Pada saat ini kan Mas Kaesang sedang tidak berada di Indonesia karena memang ya dia enggak ikut daftar," tegasnya

Gerindra resmi mengusung Taj Yasin Maimoen menjadi calon wakil gubernur Jawa Tengah untuk mendampingi Ahmad Luthfi dalam pertarungan Pilkada 2024.

Berdasarkan pantauan di lokasi kantor DPP Gerindra, terlihat Ahmad Luthfi menerima surat rekomendasi yang dimasukkan di dalam map bergambar logo partai Gerindra.

Pembawa acara pun mengumumkan bahwa Ahmad Luthfi akan dipasangkan dengan Taj Yasin Maimoen. Namun demikian, Taj Yasi Maimoen yang juga anggota DPD terpilih di Jawa Tengah itu terpantau tidak hadir dalam acara penyerahan surat rekomendasi. (ant)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya