439 Personel Gabungan Amankan Demo Mahasiswa di Depan Eks Kantor Gibran

Personel Brimob siaga di depan Balai Kota Solo
Sumber :
  • VIVA.co.id/Fajar Sodiq (Solo)

Solo, VIVA – Polresta Solo mengerahkan ratusan personel untuk pengamanan aksi demo mahasiswa dari Badan Eksekutif Mahasiswa (BEM) Solo. Aksi demo itu rencananya akan digelar di depan eks kantor Gibran Rakabuming Raka, Balai Kota Solo, Kamis, 22 Agustus 2024.

Pembangunan Tak Berjalan jika Kotak Kosong Menang, Menurut Rumah Demokrasi

Sejumlah personel kepolisian tampak menggelar apel untuk persiapan pengamanan di halaman Balai Kota Solo. Selain dari satuan anggota Polresta Solo, apel tersebut juga diikuti anggota Brimob yang dilengkapi dengan tameng dan gas air mata.

Apel digelar untuk pengamanan aksi mahasiswa  untuk mengawal putusan MK tentang Pilkada 2024. Rencananya mereka akan menggelar aksi unjuk rasa di depan Balai Kota Solo. Sebelum menggelar aksi, mereka akan berkumpul di Benteng Vasternburg dan longmarch menuju depan balai kota.

Indikator Politik: Elektabilitas Pasangan Dedi Mulyadi-Erwan Setiawan Unggul di Pilgub Jabar

Ilustrasi aksi demonstrasi

Photo :
  • ANTARA FOTO/Abriawan Abhe

Wakil Kepala Polresta (Wakapolresta) Solo AKBP Catur Cahyo Wibowo menyebutkan, sebanyak 439 personel gabungan disiagakan untuk mengamankan aksi demo BEM Solo di depan balai kota. Adapun personel gabungan itu berasal dari Polri, TNI, Brimob, Satpol PP dan Dishub Solo.

Soal Dukung RK atau Pramono di Pilkada Jakarta, Sutiyoso: Enggak Ada yang Saya Pilih

“Personel nanti disebar di beberapa titik, ini sebagai antisipasi aksi masa yang kemungkinan terus berlanjut," kata dia usai apel pengamanan di Balai Kota Solo, Kamis, 22 Agustus 2024.

Terpantau di lapangan, terlihat ratusan personel gabungan sedang siaga di depan kantor Balai Kota Surakarta sambil menunggu massa aksi tiba.

Wakapolresta mengungkapkan, massa yang akan turun nanti menurut surat pemberitahuan sebanyak 1.000 orang.

Mengenai sampai jam berapa personel disiagakan, Wakapolresta mengatakan, personel disiagakan hingga kegiatan aksi selesai.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya