Dapat Konsesi Tambang, Gus Yahya Ungkap PBNU Berencana Investasi di IKN

Ketua Umum PBNU KH Yahya Cholil Staquf atau Gus Yahya.
Sumber :
  • TVNU

Jakarta, VIVA - Sejumlah Pengurus Besar Nahdlatul Ulama (PBNU) dipimpin Ketua Umum Yahya Cholil Staquf mendatangi Istana Kepresidenan, Jakarta, Kamis, 22 Agustus 2024. 

Bandara IKN Perdana Didarati Pesawat Jet, Menhub Budi: Alhamdullilah Lancar

Kedatangan mereka untuk membahas konsesi tambang hingga investasi di Ibu Kota Nusantara (IKN) dengan Presiden Joko Widodo (Jokowi). "Kita mau bicara soal konsesi tambang dan investasi di IKN nanti," kata Gus Yahya, sapaan akrab Yahya Cholil Staquf saat ditanya awak media. 

Gus Yahya mengatakan pihaknya mengajukan pertemuan dengan Presiden Jokowi untuk membahas rencana PBNU berinvestasi di IKN. Kendati nilai investasi tersebut tidak terbilang besar, Gus Yahya mengatakan, PBNU akan membangun fasilitas pendidikan dan keagamaan di IKN

Jokowi Akan Pulang ke Solo Usai Pelantikan Prabowo 20 Oktober

Ketua Umum PBNU KH Yahya Cholil Staquf atau Gus Yahya di kantor PBNU Jakarta

Photo :
  • TVNU

"Rencana kami untuk berinvestasilah walaupun kecil di IKN nanti. Karena kami butuh untuk membangun kantor di sana, membangun fasilitas pendidikan dan keagamaan di sana," ujarnya. 

Sebelumnya, PBNU mengaku optimis mampu mengelola amanat negara berupa izin pengelolaan pertambangan yang diberikan kepada organisasi kemasyarakatan (ormas) keagamaan.

"Bendahara umum kami ini pengusaha tambang juga dan dia tentu tidak sendirian. Bukan hanya soal bahwa dia sendiri pengusaha tambang, tetapi sebagai pengusaha tambang, dia punya jaringan bisnis di antara komunitas pertambangan ini, sehingga saya kira akan ada ruang yang memadai bagi NU untuk membangun kapasitas usaha pertambangan ini," kata Gus Yahya beberapa waktu lau.

Ini Arahan Jokowi Saat Ngumpulin Pejabat TNI dan Polri di IKN

Pihaknya, kata Gus Yahya, juga sudah menyiapkan langkah-langkah khusus terkait pengelolaan tambang yang berpotensi memberikan dampak terhadap lingkungan.

Dia menyatakan, PBNU memiliki kesadaran dan tanggung jawab moral terkait kesadaran akan lingkungan hidup dan kemaslahatan masyarakat umum.

Dok. Istimewa

Jokowi Minta Maaf ke Jajaran TNI-Polri, 10 Tahun Pimpin Indonesia Masih Ada yang Kurang

Presiden Joko Widodo (Jokowi) meminta maaf di hadapan seluruh personel, khususnya pejabat TNI dan Polri seluruh Indonesia.

img_title
VIVA.co.id
12 September 2024