KSAD Ungkap Taruna Akmil Penting Punya Kemampuan Bahasa Inggris, Ini Alasannya

Brigjen TNI Kristomei Sianturi (dok. istimewa)
Sumber :
  • VIVA.co.id/Foe Peace Simbolon

Jakarta, VIVA - Kepala Staf TNI Angkatan Darat (KSAD) Jenderal TNI Maruli Simanjuntak menekankan pentingnya kemampuan berbahasa Inggris bagi Taruna Akademi Militer (Akmil) sebagai kunci meningkatkan kemampuan dan komunikasi di dunia internasional.

Misi Jaga IKN, Wakasad Letjen TNI Tandyo Budi Tetapkan Ratusan Personel Komcad

Dengan kata lain, kemampuan bahasa inggris jadi kunci bagai para Taruna dalam menaklukan dunia. Hal itu disampaikan dalam arahannya kepada Komandan Resimen Taruna (Danmentar) Akmil yang baru, Brigjen TNI Kristomei Sianturi pada acara Sertijab para Perwira Tinggi di Markas Besar TNI Angkatan Darat (Mabesad), Jakarta.

Kristomei mengatakan, kemampuan tersebut dibutuhkan supaya para taruna bisa memperluas jejaringnya sampai tingkat internasional. Dia menyatakan kalau Kasad memberi perhatian khusus soa peningkatan kemampuan berbahasa Inggris para Taruna Akmil.

Panglima TNI Ganti Pangdam Siliwangi dan Pangdam Pattimura

Kadispenad Brigjen TNI Kristomei Sianturi

Photo :
  • VIVA.co.id/Foe Peace Simbolon

“Beliau memberi PR kepada saya untuk membantu meningkatkan kemampuan bahasa Inggris para taruna, sehingga mereka memiliki kemampuan bahasa asing yang mumpuni. Kemampuan ini penting agar mereka nantinya dapat berinteraksi di kancah internasional, baik dalam membaca literatur  maupun dalam berkomunikasi dengan pihak asing,” kata Kristomei, Rabu, 21 Agustus 2024.

Jokowi Singgung Pembentukan Angkatan Siber Matra Keempat TNI, Berharap Dilanjutkan Prabowo

Eks Kepala Dinas Penerangan TNI AD (Kadispenad), mengungkap, perintah KSAD tersebut dilatarbelakangi fakta dimana literatur yang berkaitan dengan militer dan perkembangan teknologi kebanyakan ditulis dengan bahasa Inggris.

Maka, penguasaan bahasa itu jadi vital bagi para taruna, terlebih bagi para perwira muda yang bakal segera mengemban tugas sebagai Komandan Peleton atau Letnan Dua baru (pangkat pertama yang disandang setiap lulusan Akmil).

“Penekanan KSAD akan menjadi perhatian utama saya selaku Danmentar Akmil. Semoga kelak para perwira muda TNI AD dapat lebih siap menghadapi tantangan global dan menjalin kerja sama dengan berbagai pihak di dunia internasional,” kata Kristomei.

VIVA Militer: Panglima TNI Jenderal TNI Agus Subiyanto

130 Perwira Tinggi TNI Dimutasi, Ini Daftar Namanya

130 Pati TNI itu terdiri dari 68 Pati TNI AD, 39 Pati TNI AL, dan 23 Pati TNI AU

img_title
VIVA.co.id
12 September 2024