Gunung Marapi Erupsi Lagi, Dentuman Keras Kejutkan Warga 

Letusan Gunung Marapi
Sumber :
  • VIVA.co.id/Andri Mardiansyah (Padang)

Agam, VIVA –  Gunung Marapi yang terletak di antara Kabupaten Agam dan Tanah Datar, Rabu 21 Agustus 2024 pukul 12.40 WIB kembali meletus. Erupsi ini terekam di seismogram dengan amplitudo maksimum 30 milimeter dengan durasi sekitar 48 detik.

Gunung Lewotobi Erupsi Lagi dengan Tinggi Abu Vulkanik 700-900 Meter

Pusat Vulkanologi dan Mitigasi Bencana Geologi (PVMBG) Pos Pengamat Gunung Api Marapi merilis, tinggi kolom abu akibat letusan kali ini tidak teramati. Kolom abu disebut tertutup awan. 

Berdasarkan informasi yang dihimpun VIVA, letusan ini diiringi dengan dentuman keras yang terdengar oleh banyak warga di sejumlah wilayah di Kabupaten Agam hingga Kota Bukittinggi.

Sosok Nia Kurnia Sari, Gadis Penjual Gorengan Keliling yang Diperkosa hingga Dibunuh di Sumbar

Gunung Marapi, Sumbar.

Photo :
  • VIVA.co.id/ Andri Mardiansyah (Padang)

Saat ini Gunung Marapi masih berada pada Status Level II (Waspada) dengan rekomendasi tidak diperbolehkan memasuki dan melakukan kegiatan di dalam wilayah radius 3 kilometer dari pusat aktivitas (Kawah Verbeek) Marapi.

Gunung Semeru Kembali Erupsi, Tinggi Letusan Capai 500 Meter

Lalu, masyarakat yang bermukim di sekitar lembah atau aliran dan bantaran sungai-sungai yang berhulu di puncak Marapi diminta selalu mewaspadai potensi ancaman bahaya lahar yang dapat terjadi terutama di saat musim hujan.

Tak cuma itu, PVMBG juga mengimbau warga untuk menghindari gangguan pernapasan (ISPA) maupun gangguan kesehatan lainnya yang disebabkan oleh abu vulkanik maka masyarakat yang berada di sekitar Marapi agar menggunakan masker pelindung mulut dan hidung serta perlengkapan lain untuk melindungi mata dan kulit. 

Selain itu jika terjadi hujan abu agar mengamankan sarana air bersih serta membersihkan atap rumah dari abu vulkanik yang tebal agar tidak roboh.

Lontaran abu yang keluar dari kawah setinggi 500 meter saat erupsi Gunung Semeru di Jawa Timur, Selasa, 6 Agustus 2024.

Gunung Semeru 2 Kali Erupsi Pagi Ini, Kolom Abbu Meletus 500 Merter dari Puncak

Gunung Semeru di Kabupaten Lumajang dan Malang, Jawa Timur (Jatim), tercatat dua kali erupsi pada Sabtu pagi.

img_title
VIVA.co.id
14 September 2024