Viral Kereta Api Terobos Kobaran Api di Karawang, PT KAI Buka Suara

Tangkapan layar video viral kereta api menerobos kobaran api di wilayah Kampung Babakan, Kecamatan Karawang Barat, Jawa Barat.
Sumber :
  • VIVA.co.id/Mohammad Yudha Prasetya

Jakarta, VIVA – Sebuah video viral memperlihatkan kereta api menerobos kobaran api di wilayah Kampung Babakan, Kecamatan Karawang Barat, Jawa Barat. Kobaran api itu dikabarkan berasal dari kebakaran tumpukan palet kayu, yang berada di sekitar rel kereta. Tak lama kemudian, api berhasil dipadamkan oleh petugas pemadam kebakaran Pemda Karawang.

KAI Logistik Catat Kinerja Angkutan Limbah B3 Meningkat Signifikan

PT Kereta Api Indonesia (Persero) atau PT KAI Daop 1 Jakarta buka suara perihal KA dengan nomor 23 Argo Cheribon tersebut. Manager Humas KAI Daop 1 Jakarta, Ixfan Hendriwintoko menjelaskan, pihaknya menerima laporan pada hari Senin 19 agustus 2024 Pukul 18.35 WIB, soal adanya informasi kebakaran palet madura yang terbakar di pinggir Rel.

Kebakaran tersebut diduga akibat rembetan dari pembakaran sampah oleh warga yang tidak diketahui pembakarnya.

Ultah ke-15, KAI Wisata Bagi-bagi Hadiah Buat Penumpang

"Kami dari pihak KAI langsung berkoordinasi dengan Unit terkait (Sinyal Telekomunikasi, Kepala Stasiun, Tim Pengamanan dan pihak Damkar setempat), kemudian dari pihak Damkar dengan segera melakukan penanganan dengan mengerahkan 3 Unit mobil pemadam sehingga api dapat dipadamkan pada pukul 19.55 wib dan rel/jalur dipastikan aman dilalui KA," kata Ixfan dalam keterangannya, Rabu, 21 Agustus 2024.

Ilustrasi Kereta Api

Photo :
Kebakaran Pos Bloc Pasar Baru Diduga Akibat Korsleting Listrik, Kerugian Mencapai Rp 2 Millar

Atas kejadian tersebut, Ixfan memastikan tidak ada perjalanan KA yang terganggu dan tidak ada kerugian yang dialami pihak KAI.

"Hanya asap pada saat terjadi kebakaran mengganggu pandangan masinis, Perjalanan KA tidak terganggu sama sekali aman sesuai jadwal," ujarnya.

Diketahui, sebelumnya ramai di media sosial X maupun Tiktok, yang memperlihatkan video Kereta Api yang menerjang kobaran api di wilayah Karawang.

Kejadian itu bermula saat kebakaran terjadi di Kelurahan Tanjungmekar, Kecamatan Karawang Barat, Kabupaten Karawang pada Senin (19/8) malam. Kebetulan, titik kebakaran berada dekat dengan rel kereta api.

Titik kebakaran berupa gudang yang lokasinya cukup dekat dengan rel kereta jalur B arah Jakarta. Sehingga kereta yang melintas terlihat menerjang api.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya