Viral Kereta Api Menerobos Kobaran Api di Karawang, Begini Penjelasan KAI

Viral di media sosial kereta api (KA) menerobos kobaran api dalam kejadian gudang yang terbakar di samping Rel Kereta, di kawasan Karawang, Jawa Barat (Jabar).
Sumber :
  • VIVA.co.id/Andrew Tito

Jakarta, VIVA - Manajemen Kereta Api Indonesia (KAI) buka suara terkait viral di media sosial rangkaian kereta api menerobos kobaran api di Karawang, Jawa Barat. 

KAI Logistik Catat Kinerja Angkutan Limbah B3 Meningkat Signifikan

Diketahui, insiden kereta menerobos kobaran api itu terjadi saat kebakaran gudang palet Madura yang lokasinya berdekatan dengan jalur rel KA di petak Jalur Hilir Karawang-Kedunggedeh Km 59+100 Kampung Babakan Desa Tanjung Mekar.

Kejadian kereta melintas di tengan kobaran api itu terjadi pada Senin 19 Agustus 2024 pukul 18.35  

Ultah ke-15, KAI Wisata Bagi-bagi Hadiah Buat Penumpang

"Dengan adanya insiden tersebut, kami dari pihak KAI langsung berkoordinasi dengan unit terkait (sinyal telekomunikasi, kepala stasiun, tim pengamanan, dan pihak damkar setempat)," kata Manajer Humas KAI Daop 1 Jakarta, Ixfan Hendriwintoko dalam keterangannya, Rabu 21 Agustus 2024.

Ixfan menjelaskan kereta viral seperti menerobos api kebakaran tersebut adalah Argo Cheribon bernomor 23.  

Kebakaran Pos Bloc Pasar Baru Diduga Akibat Korsleting Listrik, Kerugian Mencapai Rp 2 Millar

Kebakaran terjadi dekat perlintasan kereta, yang pada saat bersamaan KA Argo Cheribon melintas di lokasi.   Sementara kebakaran tersebut diduga akibat rembetan dari pembakaran sampah oleh warga yang tidak diketahui pembakarnya.

"Kemudian dari pihak Damkar dengan segera melakukan penanganan dengan mengerahkan 3 unit mobil pemadam sehingga api dapat dipadamkan pada pukul 19.55 WIB dan rel/jalur dipastikan aman dilalui KA," ujarnya. 

Ixfan memastikan kejadian tersebut tidak mengganggu perjalanan KA, dan juga tidak ada kerugian yang dialami pihak KAI.

"Hanya asap pada saat terjadi kebakaran mengganggu pandangan masinis, perjalanan KA tidak terganggu sama sekali, aman sesuai jadwal," ujarnya. 

Dalam tayangan video viral di media sosial, kobaran api dari gudang palet tersebut sampai menjulur ke area rel KA. Sejumlah orang menyaksikan peristiwa tersebut.

Lokasi kebakaran adalah gudang di Kelurahan Tanjungmekar, Kecamatan Karawang Barat, Kabupaten Karawang yang lokasinya cukup dekat dengan rel kereta jalur B arah Jakarta. 

Sehingga kereta yang melintas terlihat seperti menerobos kobaran api.
 

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya