Virus Cacar Monyet Merebak di Indonesia hingga 88 Kasus, Paling Banyak di Jakarta

Cacar monyet/Monkeypox.
Sumber :
  • AP Photo

Jakarta, VIVA – Indonesia telah mencatat sedikitnya 88 kasus Mpox, yang sebelumnya dikenal sebagai cacar monyet, dari tahun 2022 hingga tahun ini, dengan provinsi Jakarta menjadi yang paling parah terkena dampaknya. Hal itu disampaikan oleh Kementerian Kesehatan RI.

Inspiratif, Ini Peran Praja IPDN dalam Pembangunan Pendidikan dan Kesehatan di Jawa Tengah

Pelaksana tugas Direktur Jenderal Pencegahan dan Pengendalian Penyakit, Dr. Yudhi Pramono mengungkapkan bahwa sebaran kasus tersebut meliputi 59 kasus di Jakarta, 13 kasus di Jawa Barat, sembilan kasus di Banten, masing-masing tiga kasus di Jawa Timur dan Yogyakarta, serta satu kasus di Kepulauan Riau.

"Dari jumlah tersebut, 87 kasus telah pulih. Puncak kasus Mpox yang terkonfirmasi terjadi pada Oktober 2023, sebagaimana tercermin dalam tren mingguan," ungkapnya dalam sebuah pernyataan, pada Senin, 19 Agustus 2024.

DPR Soroti Perumusan Regulasi Industri Hasil Tembakau

Cacar monyet/Monkeypox.

Photo :
  • AP Photo

Ia menunjukkan bahwa varian Clade IIb, yang memiliki tingkat kematian lebih rendah dan terutama menyebar melalui hubungan seksual, terlibat dalam 54 kasus.

Lebih dari Sekadar Berbagi, Ini Manfaat Donor Darah untuk Kesehatan

Selain Indonesia, Filipina pada hari Senin juga melaporkan kasus pertama mpox tahun ini, tetapi departemen kesehatan masih memastikan apakah itu adalah varian baru dan berbahaya yang memicu kekhawatiran global.

Strain virus yang mematikan dan lebih mudah menular yang dikenal sebagai Clade 1b telah menewaskan ratusan orang di Republik Demokratik Kongo dan telah terdeteksi di Swedia dan Pakistan dalam beberapa hari terakhir.

Organisasi Kesehatan Dunia (WHO), minggu lalu juga menyatakan lonjakan kasus mpox sebagai keadaan darurat kesehatan masyarakat yang menjadi perhatian internasional dan tingkat kewaspadaan tertingginya.

Pria Filipina berusia 33 tahun yang tertular virus tersebut tidak bepergian ke luar negeri, kata departemen kesehatan Filipina dalam sebuah pernyataan. 

Otoritas kesehatan sedang menunggu hasil sekuensing untuk memeriksa apakah kasus tersebut adalah Clade 1b.

“Gejala dimulai lebih dari seminggu yang lalu dengan demam, yang diikuti empat hari kemudian dengan temuan ruam yang jelas pada wajah, punggung, tengkuk, badan, selangkangan, serta telapak tangan dan telapak kaki,” kata departemen tersebut tentang kasus Filipina tersebut.

"Hasil uji spesimen yang dikumpulkan dari lesi kulit pria tersebut “positif untuk DNA virus Monkeypox,” kata pernyataan tersebut.

Kasus tersebut adalah infeksi mpox kesepuluh yang dikonfirmasi laboratorium yang dilaporkan ke departemen kesehatan Filipina, dengan kasus terakhir sebelumnya tercatat pada bulan Desember tahun lalu, tambahnya.

Departemen tersebut mengatakan bahwa mereka sedang memperbarui pedoman mpox untuk mendorong mereka yang menunjukkan gejala untuk berkonsultasi dan menjalani tes.

"Sistem kesehatan kami berfungsi dengan baik. Kami dapat menangani situasi ini, dan akan terus memberikan informasi yang baik kepada masyarakat," kata menteri kesehatan Teodoro Herbosa dalam pernyataan tersebut.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya