Round Up

Kiai NU di Bangkalan Serukan MLB PBNU, Elektabilitas Anies Ungguli RK dan Kaesang

Sejumlah kiai NU berkumpul di kediaman Syaikhona Kholil Bangkalan, mengikuti Mubes Alim Ulama NU. (Foto: Istimewa)
Sumber :
  • VIVA.co.id/Nur Faishal (Surabaya)

Jakarta, VIVA – Sejumlah kiai Nahdlatul Ulama atau NU, berkumpul di kediaman Syaikhona Kholil di Bangkalan, Madura, Jawa Timur, pada Minggu, 18 Agustus 2024. Mereka menggelar Musyawarah Besar atau Mubes Alim Ulama NU. Salah satu keputusan dari forum tersebut ialah menyuarakan terlaksananya Musyawarah Luar Biasa atau MLB NU.

Heboh Gerakan Anak Abah Coblos 3 Paslon, Pakar: Semoga Hanya Sebatas Emosi Sesaat

Berdasarkan rilis dan foto yang diterima VIVA, beberapa kiai NU yang hadir di Mubes Alim Ulama NU tersebut, di antaranya, mantan Ketua PWNU Jatim KH Marzuki Mustamar dan mantan Wakil Ketua PWNU Jatim KH Abdussalam Shohib atau Gus Salam. Berita mengenai Kiai NU menyuarakan MLB PBNU ini menjadi berita terpopuler di Kanal News VIVA sepanjang Senin, 19 Agustus 2024.

Selain itu, ada juga berita mengenai hasil survei SMRC terkait sosok potensial yang diprediksi banyak mendapat dukungan dari masyarakat. Dalam survei SMRC, didapati hasil bahwa Anies unggul dibanding dengan Ahok dan kaesang di Pilkada 2024. Anies Baswedan selalu unggul dalam simulasi dua nama melawan Ridwan Kamil, Basuki Tjahaja Purnama (Ahok) dan Kaesang Pangarep untuk Pilkada Jakarta.

Muncul Gerakan Anak Abah Coblos 3 Paslon, Kun Wardana: Mudah-mudahan Mereka Mau Pilih Kami

Berita lainnya yang juga masuk dalam kategori terpopuler yaitu mengenai sosok Hasan Nasbi yang dilantik jadi Kepala Kantor Komunikasi Presiden. Kemudian ada juga berita reshuffle kabinet Presiden Jokowi.

Sejummlah artikel yang menarik dan terpopuler telah dirangkum dalam Round Up, berikut daftarnya:

Terpopuler: Celine Evangelista Murka pada Ria Andrews, Kata-kata Terakhir Nikita Mirzani buat Lolly

1. Sejumlah Kiai NU di Mubes Alim Ulama Bangkalan Suarakan MLB PBNU

Sejumlah kiai NU berkumpul di kediaman Syaikhona Kholil Bangkalan, mengikuti Mubes Alim Ulama NU. (Foto: Istimewa)

Photo :
  • VIVA.co.id/Nur Faishal (Surabaya)

Sejumlah kiai Nahdlatul Ulama atau NU, berkumpul di kediaman Syaikhona Kholil di Bangkalan, Madura, Jawa Timur, pada Minggu, 18 Agustus 2024. Mereka menggelar Musyawarah Besar atau Mubes Alim Ulama NU. Salah satu keputusan dari forum tersebut ialah menyuarakan terlaksananya Musyawarah Luar Biasa atau MLB NU.

Berdasarkan rilis dan foto yang diterima VIVA, beberapa kiai NU yang hadir di Mubes Alim Ulama NU tersebut, di antaranya, mantan Ketua PWNU Jatim KH Marzuki Mustamar dan mantan Wakil Ketua PWNU Jatim KH Abdussalam Shohib atau Gus Salam. Pertemuan tersebut menghasilkan kesepakatan yang kemudian disebut dengan ‘Amanah Bangkalan’. Artikel selengkapnya baca di sini.

2. Survei: Anies Unggul Lawan RK, Ahok dan Kaesang di Pilkada Jakarta

Anies Baswedan blusukan di Jakarta

Photo :
  • instagram @aniesbaswedan

Survei Saiful Mujani Research and Consulting (SMRC) mengungkapkan, Anies Baswedan selalu unggul dalam simulasi dua nama melawan Ridwan Kamil, Basuki Tjahaja Purnama (Ahok) dan Kaesang Pangarep untuk Pilkada Jakarta. Direktur Eksekutif SMRC, Deni Irvani mengatakan jika pemilihan umum gubernur daerah khusus Jakarta dilakukan sekarang, Anies Baswedan mendapatkan dukungan 42,8 persen dan Ridwan Kamil 34,9 persen.

Selain dengan Ridwan Kamil, survei ini juga menguji elektabilitas head to head antara Anies dan Basuki Tjahaja Purnama (Ahok) dan Anies dengan Kaesang Pangarep. Artikel selengkapnya baca di sini..

3. Akan Dilantik Jokowi, Hasan Nasbi jadi Kepala Kantor Komunikasi Presiden

Hasan Nasbi di Istana Kepresidenan Jakarta

Photo :
  • VIVA/ Ahmad Farhan Faris

Hasan Nasbi, disebut bakal mengisi posisi Kepala Kantor Komunikasi Presiden. Ini adalah badan baru yang dibentuk berdasarkan Peraturan Presiden Nomor 82 Tahun 2024 tentang Kantor Komunikasi Presiden, yang diundangkan sejak 15 Agustus 2024.

Dalam unggahan terbaru di akun Instagram miliknya @hasan_nasbi yang dikutip VIVA, Senin 19 Agustus 2024, terlihat Hasan sudah mengenakan kemeja putih lengan panjang, berdasi merah dan kopiah hitam. Artikel selengkapnya baca di sini..

4. Jokowi Bakal Reshuffle Kabinet Senin, Yasonna Laoly-Arifin Tasrif Diganti

Presiden Jokowi di sidang tahunan MPR/DPR RI 2024

Photo :
  • Tangkapan layar Youtube

Presiden Joko Widodo (Jokowi) dikabarkan akan melakukan reshuffle atau perombakan sejumlah Menteri Kabinet Indonesia Maju pada Senin, 19 Agustus 2024. Kabarnya, ada menteri yang akan diganti dan digeser posisinya.

Adapun, informasi dari sumber pemerintahan membenarkan kabar Presiden Jokowi akan melakukan pelantikan di Istana Kepresidenan Jakarta pada Senin, 19 Agustus 2024, jam 09.00 WIB.

Sementara, nama yang masuk radar diganti kabarnya Menteri ESDM, Arifin Tasrin oleh Bahlil Lahadalia yang saat ini menjabat Menteri Investasi/Kepala BKPM. Sedangkan, posisi Bahlil dikabarkan diisi oleh Rosan Roeslani. Artikel selengkapnya baca di sini..

5. Aktivitas Jessica Wongso 8,5 Tahun di Lapas, Ajari Napi Lain Bahasa Inggris

Jessica Kumala Wongso dan kuasa hukumnya Otto Hasibuan

Photo :
  • VIVA.co.id/Andrew Tito

Kuasa hukum Jessica Kumala Wongso, Otto Hasibuan menjelaskan perihal kelakukan baik Jessica selama ada di dalam tahanan 8,5 tahun lamanya. Otto mengatakan, pembebasan bersyarat terhadap Jessica bukan atas pengajuan pihak kuasa hukum. 

Diketahui, Jessica mendapatkan pembebasan bersyarat pada Minggu 18 Agustus 2024 atas kasus pembunuhan berencana kopi sianida yang menewaskan Wayan Mirna Salihin. Hingga kini status terpidana Jessica pun telah terlepas usai resmi mendapatkan keputusan bebas bersyarat. Artikel selengkapnya baca di sini..
 

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya