Pendaftaran CPNS 2024 Dibuka Hari Ini, Ada 250 Ribu Formasi

Sejumlah peserta mengikuti Seleksi Kompetensi Bidang (SKB) menggunakan sistem Computer Assited Tes (CAT) CPNS secara serantak di Gedung Serbaguna Balai Kota Tasikmalaya, Jawa Barat
Sumber :
  • ANTARA FOTO/Adeng Bustomi

Jakarta, VIVA – Pemerintah akan mulai membuka pendaftaran seleksi Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) 2024 pada Selasa, 20 Agustus 2024 pukul 17.08.45 WIB, di portal SSCASN BKN hingga 6 September 2024 mendatang.

Pendaftaran CPNS Ditutup Hari Ini, Berikut Daftar Instansi yang Ramai dan Sepi Peminat

Hal itu berdasarkan Surat Kepala BKN Nomor 5419/B-KS.04.01/SD/K/2024 tanggal 13 Agustus 2024 tentang Jadwal Seleksi CPNS 2024 di Instansi Pusat dan Daerah.

Plt Kepala Badan Kepegawaian Negara (BKN) Haryomo Dwi Purtanto menjelaskan, informasi yang tertera perihal ketersediaan formasi dan keterangan jabatan yang dibuka, yang mencakup detail job-desk serta kisaran penghasilan, bisa dilihat di portal SSCASN pada kolom Menu Pencarian Informasi.

Pelamar CPNS 2024 Capai 3,2 Juta, Ini 10 Instansi Paling Diminati

Dia mengatakan, pendaftar lowongan kuota formasi per-instansi pemerintah (Kementerian/Lembaga/Daerah) akan diumumkan oleh masing-masing instansi secara bertahap dan dapat dicek pada menu pencarian informasi secara berkala.

Ilustrasi pendaftaran CPNS 2024

Photo :
  • Istimewa
Kementerian ESDM Perpanjang Masa Pendaftaran dan Bolehkan Penggunaan Meterai Tempel

"Jadi selain mengecek lowongan formasi melalui kanal penerimaan CPNS Tahun 2024 di masing-masing instansi, pelamar juga dapat melihat keterangan formasi jabatan yang akan dilamar pada menu pencarian informasi tentang detail formasi di portal SSCASN BKN," kata Dwi dalam keterangannya, Senin, 19 Agustus 2024.

Formasi CPNS 2024 yang disediakan oleh Panitia Seleksi Nasional (Panselnas) yakni sebanyak 250.407, bagi 69 Instansi pusat dan 478 instansi daerah. Proses rekrutmen CPNS akan melibatkan sejumlah instansi yang tergabung di Panselnas, khususnya dari aspek kesiapan dukungan infrastruktur.

Hal ini seperti akses penyediaan jaringan komunikasi data penyelenggaraan dengan Badan Aksesibilitas Telekomunikasi dan Teknologi (BAKTI) Kominfo, monitoring keamanan teknologi informasi dengan Badan Siber dan Sandi Negara (BSSN), monitoring teknologi infrastruktur dengan Badan Riset Inovasi Nasional (BRIN), serta penyediaan elektronik materai bersama dengan Percetakan Uang Republik Indonesia (PERURI).

Dok. Ribuan peserta mengikuti tes SKD CPNS 2020 di Gelanggang Remaja Surabaya.

Photo :
  • ANTARA/HO-Humas Pemkot Surabaya

Mengingat salah satu syarat pendaftaran CPNS adalah Warga Negara Indonesia (WNI), maka BKN melakukan interoperabilitas data calon pelamar dengan data kependudukan yang dikelola Dukcapil Kemendagri selaku instansi yang bertanggung jawab atas data kependudukan.

"Tujuannya agar data pelamar melalui portal SSCASN dapat terverifikasi secara sistem sesuai data kependudukan yang tercatat di Dukcapil Kemendagri," kata Dwi.

Dia menambahkan, sebelum memulai pendaftaran, para pelamar CPNS 2024 diminta untuk membaca detail persyaratan dan kualifikasi jabatan sesuai pengumuman lowongan formasi yang disampaikan instansi di kanal informasinya.

Pelamar juga diharapkan membaca Buku Petunjuk Pendaftaran di Portal SSCASN sebelum mulai membuat akun dan mendaftar.

"Setelah melakukan pendaftaran hingga submit seluruh dokumen yang sesuai dengan persyaratan administrasi instansi, pelamar diimbau agar segera mengakhiri pendaftaran tanpa perlu menunggu periode pendaftaran berakhir untuk menghindari jika terjadi kendala menjelang tanggal penutupan pendaftaran," ujarnya.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya