Profil Hasan Nasbi yang Dilantik Jadi Kepala Kantor Komunikasi Kepresidenan

Kepala Kantor Komunikasi Kepresidenan Hasan Nasbi
Sumber :
  • Antara

Jakarta, VIVA – Hasan Nasbi dilantik sebagai Kepala Kantor Komunikasi Kepresidenan pada Senin, 19 Agustus 2024. Pengangkatan ini dilakukan setelah perombakan kabinet yang dilakukan oleh Presiden Jokowi pada masa-masa akhir jabatannya.

Resmikan Islamic Financial Center, Jokowi Jelaskan Efeknya ke Ekonomi Syariah

Pelantikan Kepala Kantor Komunikasi Kepresidenan ini berdasarkan Keputusan Presiden RI Nomor 93B Tahun 2024 tentang Pengangkatan Kepala Kantor Komunikasi Kepresidenan. 

Pelantikan Hasan Nasbi dilakukan di Istana Kepresidenan, Jakarta. Setelah Presiden Jokowi membacakan Keppres, ia langsung melantik Hasan Nasbi dan memimpin pembacaan sumpah jabatan.

Presiden Jokowi Direncanakan Hadir di Closing Ceremony PON 2024 di Sumatera Utara

"Demi Allah saya bersumpah, bahwa saya akan setia kepada Undang-Undang Dasar Negara Republik Indonesia tahun 1945, serta akan menjalankan segala peraturan perundang-undangan dengan selurus-lurusnya demi darma bakti saya kepada bangsa dan negara," Hasan Nasbi mengucapkan sumpah jabatannya yang dipandu langsung oleh Presiden Jokowi.

Nama Hasan Nasbi menambah deretan dari menteri, wamen, dan kepala badan yang juga dilantik hari ini. Berikut profil lengkap Hasan Nasbi!

Sandiaga Sebut Jokowi Titipkan Program Keberlanjutan Kemenparekraf ke Pemerintahan Prabowo

1. Siapa Sosok Hasan Nasbi?

Presiden Jokowi melantik Kepala Kantor Komunikasi Kepresidenan Hasan Nasbi

Photo :
  • Youtube Setpres

Hasan Nasbi, yang lahir di Bukittinggi, Sumatera Barat pada tahun 1979, memulai kariernya sebagai wartawan di harian Kompas pada periode 2005-2006.

Setelah itu, ia melanjutkan kiprahnya sebagai peneliti di Pusat Kajian Politik Universitas Indonesia dari 2006 hingga 2008.

Hasan kemudian mendirikan Lembaga Survei Cyrus Network, di mana ia dikenal luas sebagai pengamat dan analis politik. Perannya dalam dunia survei politik membuatnya menjadi figur penting, meski kini ia tak lagi memegang posisi tersebut.

Karier Hasan semakin bersinar saat ia menjadi pendukung setia pasangan Joko Widodo dan Basuki Tjahaja Purnama (Ahok) pada Pilgub DKI Jakarta 2012. Dukungan ini memperkuat namanya di panggung politik nasional.

Pada Pilpres 2024, ia bertindak sebagai juru bicara Tim Kampanye Nasional (TKN) Prabowo-Gibran dan juga terlibat dalam Gugus Tugas Sinkronisasi di bidang komunikasi untuk pasangan tersebut.

2. Tugas Kepala Kantor Komunikasi Kepresidenan

Hasan Nasbi di Istana Kepresidenan Jakarta

Photo :
  • VIVA/ Ahmad Farhan Faris

Hasan Nasbi, dalam kapasitasnya sebagai Kepala Kantor Komunikasi Kepresidenan, memegang peran kunci dalam memastikan bahwa segala kebijakan komunikasi dari presiden dapat dijalankan dengan baik dan tepat sasaran.

Tanggung jawab utamanya tidak hanya meliputi koordinasi dan pelaksanaan strategi komunikasi yang telah ditetapkan oleh presiden, tetapi juga mencakup berbagai kegiatan promosi yang bertujuan untuk menyebarluaskan pesan-pesan kepresidenan kepada publik. 

Selain itu, Hasan juga harus menjalin kerja sama dengan berbagai pihak, baik internal maupun eksternal, untuk memastikan bahwa semua informasi yang disampaikan selaras dan mendukung kebijakan yang sedang diusung oleh pemerintah.

Hasan Nasbi juga bertugas melakukan pemantauan terhadap respons dan reaksi masyarakat terhadap komunikasi presiden, dengan tujuan agar strategi yang dijalankan dapat disesuaikan jika diperlukan.

Dengan latar belakang dan pengalaman dalam bidang komunikasi, diharapkan ia mampu memainkan peran strategis dalam meningkatkan efektivitas penyampaian pesan-pesan dari presiden.

Hal ini bertujuan dapat memperkuat citra presiden di mata masyarakat, sehingga meningkatkan kepercayaan publik terhadap pemerintah.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya