Istana Pastikan Hari Ini Presiden Jokowi Reshuffle Kabinet, Ada Wamen Baru

Jokowi saat mengumumkan reshuffle kabinet. (Foto ilustrasi).
Sumber :
  • tvOne

Jakarta, VIVA – Presiden Joko Widodo akan melantik beberapa menteri dan wakil menteri di Istana Negara, Jakarta pada Senin, 19 Agustus 2024. Salah satunya yang terkena reshuffle kabinet adalah Menteri Hukum dan HAM Yasonna Hamonangan Laoly.

Resmikan Islamic Financial Center, Jokowi Jelaskan Efeknya ke Ekonomi Syariah

"Hari ini, Senin, tanggal 19 Agustus 2024, pukul 09.30 WIB, Bapak Presiden diagendakan akan melantik beberapa Menteri, Wakil Menteri dan beberapa Kepala Badan di Istana Negara," kata Koordinator Staf Khusus Presiden, Ari Dwipayana pada Senin, 19 Agustus 2024.

Ari mengungkap nama-nama menteri dan kepala badan yang akan dilantik Presiden Jokowi di antarannya Menteri Hukum dan HAM pengganti Yasonna Laoly, Menteri ESDM pengganti Arifin Tasrif, dan Menteri Investasi/ Kepala BKPM pengganti Bahlil Lahadalia.

Presiden Jokowi Direncanakan Hadir di Closing Ceremony PON 2024 di Sumatera Utara

Selain itu, Ari menyebut Presiden Jokowi akan melantik tambahan Wakil Menteri Komunikasi dan Informatika (Kominfo), Kepala Badan Gizi Nasional, Kepala Kantor Komunikasi Kepresidenan dan Kepala Badan Pengawas Obat dan Makanan.

"Terkait siapa nama-nama Menteri, Wamen dan Kepala Badan yang akan dilantik, tunggu aja jam 9.30 WIB nanti ya," ujarnya.

Sandiaga Sebut Jokowi Titipkan Program Keberlanjutan Kemenparekraf ke Pemerintahan Prabowo

Sementara, Ari menjelaskan pengangkatan Menteri, Wakil Menteri dan Kepala Badan diperlukan untuk mempersiapkan dan mendukung transisi pemerintahan agar berjalan dengan baik, lancar dan efektif.

Sementara Deputi Bidang Protokol, Pers dan Media Istana Presiden, Yusuf Permana menambahkan bahwa Presiden Jokowi akan melantik Menkumham yang baru pengganti politisi PIDP Yasonna Hamonangan Laoly.

Selain itu, Menteri ESDM Arifin Tasrif, Menteri Investasi/Kepala BKPM, Wakil Menteri Kominfo, Kepala Badan Gizi Nasional, Kepala Kantor Komunikasi Kepresidenan dan Kepala BPOM.

"Di Istana Negara 09.30. Para Menteri terkait diundang. Keluarga diundang," pungkasnya.

Sebelumnya diberitakan, beredar kabar kalau Menteri Hukum dan HAM Yasonna Laoly akan digantikan Supratman Andi Atgas yang juga politikus Partai Gerindra. Lalu, Menteri ESDM Arifin Tasrif kabarnya digantikan Bahlil Lahadalia yang sebelumnya Menteri Investasi.

Sedangkan, posisi Bahlil di Menteri Investasi/ Kepala BKPM dikabarkan bakal digantikan Rosan Roeslani yang merupakan Ketua TKN Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming Raka pada Pilpres 2024.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya