Nusantara Baru Dianggap Transformasi Menuju Indonesia Emas 2045

Pengamat intelijen dan keamanan, Ngasiman Djoyonegoro
Sumber :
  • Istimewa

Jakarta - Analis Intelijen, Pertahanan dan Keamanan, Ngasiman Djoyonegoro alias Simon melihat optimisme transformasi bangsa Indonesia untuk menuju Indonesia Emas 2045 akan terwujud. Sebab, kata dia, optimisme itu terlihat dalam nuansa perayaan Hari Ulang Tahun (HUT) Ke-79 Kemerdekaan Republik Indonesia pada Sabtu, 17 Agustus 2024.

AHY: Sidang Kabinet di IKN Bahas Transisi Kepemimpinan

Transformasi menuju Indonesia Emas 2045 yang dicita-citakan bersama, lanjut Simon, kini telah semakin kokoh fondasinya, diperlukan sikap optimisme dan rasa persatuan yang solid oleh seluruh elemen bangsa untuk dapat mencapainya.

“Dalam transformasi menuju Indonesia Emas 2045, optimisme dan persatuan oleh seluruh elemen bangsa menjadi modal utama bagi kokohnya Nusantara Baru,” kata Simon dikutip pada Minggu, 18 Agustus 2024.

Jokowi Pimpin Sidang Kabinet Paripurna di Istana IKN Besok

Istana Negara IKN, Melihat Lebih Dekat Wajah Ibu Kota Nusantara (IKN)

Photo :
  • AP Photo /Achmad Ibrahim

Pengamat Intelijen Ngasiman Djoyonegoro

Photo :
  • Istimewa
Ketua KPK Sindir Jokowi: Lebih Mudah Ormas Ketemu Presiden daripada Pimpinan KPK

Memang, Simon mengatakan semua menyadari bahwa semakin bergerak maju bangsa ini maka tantangannya pun semakin besar yang akan dihadapi ke depan. Namun, Simon mengatakan Peringatan HUT ke-79 RI ini sebagai bukti bahwa Indonesia sudah melewati banyak masa dan tantangannya, maka diperlukan semangat pembangunan berkelanjutan.

“Bangsa ini telah melewati perjalanan yang tidak sebentar, setiap tantangan mengikuti perkembangan zamannya. Untuk itu, setiap transisi harus dilakukan secara sistematis dan terencana,” ujar Inisiator Gerakan Indonesia Optimis (GIO) ini.

Selanjutnya, Simon menyampaikan bahwa Nusantara Baru sebagai momen pembuka menuju Indonesia Emas 2045, dan tentunya itu diemban sebagai tugas yang tidak mudah. Karena tidak hanya sekedar mewarisi sebuah bangunan kota baru, tetapi juga harapan dan cita-cita masyarakatnya.

Kata dia, tema besar dalam Indonesia Emas 2045 itu tidak hanya bergantung pada berdirinya sebuah Ibu Kota baru, tapi juga mewarisi sebuah harapan dan cita-cita besar. Hal itu seiring dengan berjalannya estafet kepemimpinan, dan konsistensi pembangunan untuk mencapai keunggulan sumber daya manusianya.

“Sebagai kader bangsa, setiap kita bertanggung jawab untuk menjaga konsistensi gotong royong serta nilai persatuan dan kesatuan, demi terwujudnya cita-cita bersama dan jayanya Nusantara,” pungkasnya.

Diketahui, Presiden Joko Widodo (Jokowi) telah melakukan Upacara HUT Ke-79 RI di Istana Negara, Ibu Kota Nusantara (IKN), Penajam Paser Utara, Kalimantan Timur pada Sabtu, 17 Agustus 2024.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya