Jokowi Pakai Baju Adat Banjar Saat Penurunan Bendera Merah Putih di Istana IKN: Disiapin Setneg

Presiden Joko Widodo (Jokowi) dan Prabowo Subianto di Istana Negara IKN
Sumber :
  • VIVA/Ahmad Farhan Faris

Penajam Paser Utara - Presiden Joko Widodo (Jokowi) menjadi Inspektur Upacara Penurunan Bendera Merah Putih dalam rangka Hari Ulang Tahun (HUT) Ke-79 Republik Indonesia di Lapangan Istana Negara, Ibu Kota Nusantara (IKN), Penajam Paser Utara, Kalimantan Timur pada Sabtu sore, 17 Agustus 2024.

Jokowi Beri Bonus Atlet Paralympic Paris Peraih Medali Emas Sebesar Rp6 Miliar

Terlihat, Jokowi memakai baju adat Nusantara warna merah yang terinspirasi dari Banjar, Kalimantan Selatan. Selain itu, Jokowi juga memakai baju adat warna merah itu dilengkapi hiasan berwarna kuning keemasan dan putih, serta topi warna merah. Biasanya, baju adat Banjar ini dipakai laki-laki untuk acara perkawinan dan festival budaya. 

Sementara, Ibu Negara Iriana juga terlihat memakai baju adat Nusantara berwarna merah yang merupakan hasil kolaborasi dari berbagai pakaian adat di Indonesia.

Resmi Dilantik jadi Mensos, Gus Ipul Punya Harta Kekayaan Rp 24 Miliar

Sedangkan, Wakil Presiden Ma’ruf Amin terlihat memakai baju kemeja putih dilapisi jas hitam dan dasi serta peci. Namun, Ma’ruf Amin mengikuti proses upacara tersebut di Istana Negara, Jakarta Pusat.

Upacara penurunan bendera dimulai pukul 16.48 WITA. Tim Paskibraka yang bertugas berhasil menurunkan Bendera Merah Putih. Selanjutnya, bendera diserahkan kepada Jokowi untuk disimpan kembali di Istana Negara IKN. 

Profil 6 Menteri Sosial di Era Presiden Jokowi, Ada yang Kasus Korupsi Hingga Mengundurkan Diri

Presiden Joko Widodo (Jokowi) dan Prabowo Subianto di Istana Negara IKN

Photo :
  • VIVA/Ahmad Farhan Faris

Kemudian, Presiden Jokowi menjelaskan kenapa memakai baju adat lagi pada Upacara Penurunan Bendera Merah Putih. Biasanya, Jokowi memang memakai baju kemeja putih yang dipadukan dengan jas untuk proses Upacara Penurunan Bendera Merah Putih.

“Ya karena sudah disiapkan dari Setneg, saya tinggal make (pakai),” kata Jokowi di Istana Negara IKN pada Sabtu, 17 Agustus 2024.

Sebelumnya diberitakan, Presiden Joko Widodo (Jokowi) mengatakan pelaksanaan Upacara HUT Ke-79 RI di Istana Negara, Ibu Kota Nusantara (IKN), Penajam Paser Utara, Kalimantan Timur, berjalan lancar pada Sabtu, 17 Agustus 2024.

"Ya semuanya Alhamdulillah berjalan dengan lancar," kata Jokowi di Istana Negara IKN.

Kata Jokowi, seluruh rangkaian pelaksanaan Upacara HUT RI dimulai dari apel kehormatan dan renungan suci (AKRS) di Taman Kusuma Bangsa, IKN hingga penurunan Bendera Merah Putih pada sore ini.

"Semuanya berjalan dengan baik, cuaca juga sangat mendukung," ujarnya.

Memang, kata dia, cuaca sempat hujan usai dilaksanakan Upacara Detik-Detik Proklamasi Kemerdekaan Republik Indonesia sehingga suasananya jadi sejuk ketika proses penurunan Bendera Merah Putih.

"Pas kita istirahat, hujan sehingga suasana sejuk, suasana tidak panas, suasana upacara menjadi sangat khidmat," jelas dia.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya