Terpopuler: Komandan Upacara HUT RI di IKN hingga Pelajar Kaltim Bawa Baki Sang Merah Putih

Upacara HUT ke-79 RI di IKN, Sabtu, 17 Agustus 2024.
Sumber :
  • YouTube Sekretariat Presiden

Jakarta, VIVA – Bangsa Indonesia memperingati Hari Ulang Tahun (HUT) Kemerdekaan ke-79 pada Sabtu, 17 Agustus 2024. Kegiatan digelar di dua lokasi sekaligus yaitu Istana Negara Ibu Kota Nusantara (IKN) Kalimantan Timur dan Istana Merdeka, Jakarta.

Istana Garuda di IKN Akan Dibuka untuk Umum seperti Gedung Putih AS, Menurut OIKN

Adapun Upacara Peringatan Detik-detik Proklamasi Kemerdekaan Republik Indonesia digelar di Ibu Kota Nusantara (IKN) untuk pertama kalinya.

Adalah Kolonel Inf. Nur Wahyudi yang menjadi Komandan Upacara Peringatan Detik-detik Proklamasi Kemerdekaan Republik Indonesia. Nur Wahyudi merupakan alumni Akademi Militer tahun 2001 yang sehari-hari bertugas sebagai Komandan Satgultor 81 Kopassus.

Kementerian PUPR: 47 Tower Rusun ASN di IKN Rampung Desember 2024

Komandan Upacara HUT RI ke-79 di IKN Kolonel Inf. Nur Wahyudi

Photo :
  • Youtube Setpres

Berita tentang Kolonel Nur Wahyudi menjadi Komandan Upacara HUT RI di IKN menjadi berita yang menarik banyak perhatian pembaca di kanal News VIVA, Sabtu, 17 Agustus 2024.

Menteri Basuki Meninjau Jalan Tol 6B dan Akses Tol IKN 6C Target Selesai Juni 2025

Selain itu, berita tentang pidato pengantar Ketua DPR RI Puan Maharani dalam Sidang Bersama DPR dan DPD di Gedung MPR/DPR/DPD RI, Jakarta juga menjadi berita terpopuler di kanal News VIVA.

Sejumlah berita lainnya pun banyak membesut animo pembaca. Berikut ini lima berita terpopuler di kanal News VIVA, Sabtu, 17 Agustus 2024 yang dirangkum dalam tulisan round up:

1. Kolonel Nur Wahyudi Jadi Komandan Upacara HUT RI di IKN, Punya Jabatan Mentereng di Kopassus

Upacara Peringatan Detik-Detik Proklamasi Kemerdekaan Republik Indonesia pada Sabtu, 17 Agustus 2024 digelar untuk pertama kalinya di Ibu Kota Nusantara IKN.

Upacara pengibaran bendera dilakukan oleh 76 Tim Pasukan Pengibar Bendera Pusaka (Paskibraka), yang anggotanya berasal dari perwakilan masing-masing provinsi di Indonesia. 

Sementara Komandan Upacara Peringatan Detik-Detik Proklamasi Kemerdekaan Republik Indonesia adalah Kolonel Inf. Nur Wahyudi, merupakan alumni Akademi Militer tahun 2001 yang sehari-hari bertugas sebagai Komandan Satgultor 81 Kopassus. Baca berita selengkapnya di sini.

2. Pesan Terakhir Dokter Aulia Risma Sebelum Bunuh Diri, Ekspresi Jokowi saat Disindir Telak Puan

Sejumlah artikel kanal News VIVA masuk dalam deretan terpopuler sepanjang Jumat kemarin. Salah satunya artikel yang banyak diklik pembaca terkait tewasnya dokter Aulia Risma Lestari.

Dokter Aulia yang berstatus Aparatur Supil Negara (ASN) itu memilih mengakhiri hidupnya dengan cara bunuh diri karena tak kuat jadi korban perundungan atau bully. Selain itu, ada artikel terpopuler lainnnya dari isu politik. Artikel itu menulis terkait PKB yang beri rekomendasi dukungan untuk 81 calon kepala daerah di 16 provinsi. Baca berita selengkapnya di sini.

3. Pidato 'Tepi Jurang' Puan Maharani di Depan Jokowi

Pidato pengantar Ketua DPR RI Puan Maharani dalam Sidang Bersama DPR dan DPD di Gedung MPR/DPR/DPD RI, Jakarta, Jumat, 16 Agustus 2024, menuai sorotan. 

Ketua DPR RI Puan Maharani dalam Sidang Tahunan 2024 MPR bersama DPR dan DPD

Photo :

Puan yang tampil anggun dengan kebaya emas itu menyampaikan pidato pengantar sebelum pidato kenegaraan oleh Presiden Joko Widodo (Jokowi). Pidato yang dihadiri ribuan orang itu disampaikan dengan lugas, dengan pilihan materi 'tepi jurang'. 

Bukan tanpa alasan ia begitu disorot dalam Sidang Tahunan MPR RI 2024. Putri Presiden RI ke-5 Megawati Soekarnoputri itu mengawali pidatonya dengan mengungkit proses pemilu 2024. Baca berita selengkapnya di sini.

4. Dharma Pongrekun Diduga jadi Cagub Boneka, Hasto PDIP Singgung Krisis Moneter

Sekretaris Jenderal (Sekjen) PDIP, Hasto Kristiyanto merespons soal dugaan Dharma Pongrekun menjadi calon gubernur (Cagub) boneka guna menghindari kotak kosong di Pilkada Jakarta.

Ia menilai laporan tersebut masih perlu didalami. Hasto pun mencontohkan pada tahun 1997 silam terdapat kasus cagub boneka dan hasilnya tidak sesuai dengan kehendak rakyat. 

"Dalam pilkada tidak boleh ada calon boneka. Kalau pada tahun 97 yang lalu, itu kan ada calon boneka, yaitu (dari) PDI, (bernama) Suryadi yang merupakan bentukan pemerintah yang dilaksanakan tidak sesuai dengan kehendak rakyat," kata Hasto kepada wartawan di Rangkasbitung, Banten, Jumat, 16 Agustus 2024. Baca berita selengkapnya di sini.

5. Pelajar Kaltim Terpilih Jadi Pembawa Baki Sang Saka Merah Putih Upacara HUT RI Ke-79 IKN Nusantara

Pembawa baki bendera Sang Saka Merah Putih pada peringatan detik-detik Proklamasi di halaman Istana Negara IKN, pagi ini telah diumumkan. Dia adalah pelajar asal Provinsi Kalimantan Timur (Kaltim) Livenia Evelyn Kurniawan.

Upacara HUT ke-79 RI di IKN, Sabtu, 17 Agustus 2024.

Photo :
  • YouTube Sekretariat Presiden

"Pengumuman Livenia Evelyn Kurniawan sebagai pembawa bendera diumumkan pagi ini pukul 07.00 WITA," kata Humas Badan Pembinaan Ideologi Pancasila (BPIP) Marbawi dikonfirmasi di IKN, Sabtu, 17 Agustus 2024. 

Dia mengatakan Livenia terpilih dari 76 personel Paskibraka Nasional 2024 yang hari ini bertugas mengibarkan bendera Sang Saka Merah Putih. Livenia merupakan siswi SMAK Santo Fransiskus Assisi Samarinda, Kalimantan Timur. Baca berita selengkapnya di sini.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya