Jokowi: Alhamdulillah Seluruh Rangkaian HUT Ke-79 RI di IKN Lancar, Cuaca Mendukung

Presiden Joko Widodo (Jokowi) dan Prabowo Subianto di Istana Negara IKN
Sumber :
  • VIVA/Ahmad Farhan Faris

Penajam Paser Utara - Presiden Joko Widodo (Jokowi) mengatakan pelaksanaan Upacara HUT Ke-79 RI di Istana Negara, Ibu Kota Nusantara (IKN), Penajam Paser Utara, Kalimantan Timur, berjalan lancar pada Sabtu, 17 Agustus 2024.

Resmikan Islamic Financial Center, Jokowi Jelaskan Efeknya ke Ekonomi Syariah

"Ya semuanya Alhamdulillah berjalan dengan lancar," kata Jokowi di Istana Negara IKN.

Kata Jokowi, seluruh rangkaian pelaksanaan Upacara HUT RI dimulai dari apel kehormatan dan renungan suci (AKRS) di Taman Kusuma Bangsa, IKN hingga penurunan Bendera Merah Putih pada sore ini.

Jokowi Bantah Buka Keran Ekspor Pasir Laut: Itu Sedimen, Beda Loh Ya!

"Semuanya berjalan dengan baik, cuaca juga sangat mendukung," ujarnya.

Memang, kata dia, cuaca sempat hujan usai dilaksanakan Upacara Detik-Detik Proklamasi Kemerdekaan Republik Indonesia sehingga suasananya jadi sejuk ketika proses penurunan Bendera Merah Putih.

Ngabalin Sebut Jokowi Rajin Puasa Nabi Daud: Sudah 18 Tahun Lebih

"Pas kita istirahat, hujan sehingga suasana sejuk, suasana tidak panas, suasana upacara menjadi sangat khidmat," jelas dia.

Tak luput, Jokowi menyampaikan Dirgahayu Hari Ulang Tahun Kemerdekaan ke-70 untuk seluruh rakyat Indonesia.

"Pada kesempatan yang baik ini, sekali lagi kita mengucapkan Dirgahayu Hari Ulang Tahun Kemerdekaan yang ke-79 untuk seluruh rakyat sebangsa dan se-Tanah Air," ucapnya.

Diketahui, Presiden Jokowi memimpin upacara penurunan Bendera Merah Putih dalam rangka HUT ke-79 RI di Lapangan Istana Negara IKN, Sabtu sore. Tampak, Jokowi pakai baju adat Nusantara yang terinspirasi dari Banjar, Kalimantan Selatan.

Tampak, Jokowi dan Ibu Negara Iriana tiba di lokasi upacara pukul 16.40 WITA. Jokowi terlihat mengenakan baju adat Banjar bewarna merah dengan berbagai macam hiasan berwarna kuning keemasan.

Selain itu, Jokowi juga penampilannya dilengkapi topi dengan warna dan corak yang senada warna bajunya. Baju adat Banjar tersebut biasanya dipakai laki-laki untuk acara perkawinan dan festival budaya. 

Sementara, Ibu Negara Iriana juga memakai baju adat Nusantara berwarna merah yang merupakan hasil kolaborasi dari berbagai pakaian adat di Indonesia.

Upacara penurunan bendera dimulai pukul 16.48 WITA. Tim Paskibraka yang bertugas berhasil menurunkan Bendera Merah Putih. Selanjutnya, bendera diserahkan kepada Jokowi untuk disimpan kembali di Istana Negara IKN. 

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya