Doa Menteri Agama di Upacara HUT ke-79 RI: Kini Kami Dijajah Nafsu dan Kedengkian

Menteri Agama (Menag) Yaqut Cholil Qoumas
Sumber :
  • Istimewa

Penajam Paser Utara, VIVA – Menteri Agama (Menag) Yaqut Cholil Qoumas ditunjuk sebagai pembaca doa dalam upacara HUT ke-79 RI di Istana Negara Ibu Kota Nusantara (IKN) Sabtu, 17 Agustus 2024 pagi.

Kementerian PUPR: 47 Tower Rusun ASN di IKN Rampung Desember 2024

Dalam doanya, Yaqut menyebut bahwa saat ini nafsu dan kedengkian tengah menjajah masyarakat Indonesia setelah ratusan tahun dijajah bangsa asing.

Yaqut memohon agar para pemimpin dan juga masyarakat diberi kecerdasan untuk bisa memahami atau menyadari nikmat kemerdekaan yang sebenar-benarnya.

Menteri Basuki Meninjau Jalan Tol 6B dan Akses Tol IKN 6C Target Selesai Juni 2025

“Berilah kepada kami dan pemimpin-pemimpin kami kecerdasan memahami arti kemerdekaan yang hakiki. Beratus tahun kami dijajah bangsa asing dan kini setelah Merdeka kami mulai dijajah nafsu dan kedengkian kami sendiri,” ujar Yaqut dalam doanya yang khidmat.

Menteri Basuki Perkenalkan KIPP IKN dalam Kunjungan Komisi V DPR RI dan Kapolri

“Ya Allah Tuhan kami, jajahlan kami, jajahlah kami oleh-Mu sendiri. Jangan biarkan selain-Mu termasuk diri kami ikut menjajah kami,” sambungnya.

Yaqut juga memohon agar para pemimpin Indonesia diberikan kebijaksanaan atau kearifan untuk menjunjung tinggi kejujuran dan keadilan.

Laki-laki 49 tahun itu mendoakan agar para pemimpin dibuka hatinya untuk mementingkan kepentingan rakyat di atas kepentingan sendiri.

“Karuniai lah bangsa kami pemahaman terhadap makna kemerdekaan yang sebenarnya,” kata dia.

Menteri Agama (Menag) Yaqut Cholil Qoumas

Photo :
  • Istimewa

Yaqut tak lupa mendoakan agar bangsa Indonesia dijauhi dari kebencian. Dia juga meminta petunjuk pada Allah SWT agar bangsa Indonesia dibimbing untuk melewati masa-masa peralihan untuk terus bergerak menuju kemajuan.

Terakhir, dia memanjatkan doa untuk para pahlawan yang telah menyerahkan jiwa dan raganya demi kemerdekaan Indonesia.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya